Pengamanan Mudik Lebaran, Ada Sniper di Pelabuhan Merak 

Antisipasi kejahatan jalanan

Cilegon, IDN Times - Polres Cilegon akan mengerahkan tim sniper atau penembak jitu di sekitar Pelabuhan Merak Banten. Tujuannya, mengantisipasi kejahatan jalanan selama arus mudik. Tim sniper yang diterjunkan berasal dari Sat Brimob Polda Banten.

"Nanti tanggal 28 kita akan ada BKO dari Brimob Polda Banten. Kami sudah meminta diterjunkan tim sniper," kata Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono, Minggu (24/4/2022).

1. Ditempatkan di lokasi rawan kejahatan

Pengamanan Mudik Lebaran, Ada Sniper di Pelabuhan Merak Ilustrasi kendaraan saat mengantre di Pelabuhan Merak. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Para penembak jitu bakal ditempatkan di lokasi dianggap rawan kejahatan. Polisi tidak ingin ada tindak kejahatan yang menimpa pemudik saat pulang kampung. Terutama di wilayah Pelabuhan Merak.

"Tentunya untuk memantau antisipasi hal yang tidak diinginkan karena antisipasi lebih baik," kata Sigit. 

2. Pengamanan terbuka dan tertutup

Pengamanan Mudik Lebaran, Ada Sniper di Pelabuhan Merak Kendaraan pemudik tujuan Sumatra antre memasuki kapal Roro di Pelabuhan Merak, Banten (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Lalu Tim Jawara dari Sabhara Polres Cilegon akan berpatroli secara terbuka. Sedangkan personil Sat Reskrim dan Sat Intelkam akan berjaga secara diam-diam. Berbagai titik dianggap rawan sudah diketahui dan personelnya akan ditempatkan di lokasi tersebut.

"Ketika terjadi lonjakan pemudik maka kejahatan muncul," katanya.

3. Polisi antisipasi lonjakan pemudik jumlah besar

Pengamanan Mudik Lebaran, Ada Sniper di Pelabuhan Merak Ilustrasi. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Disampaikan Sigit, berbeda dengan tahun sebelumnya, hal yang diantispasi oleh kepolisian pada kegiatan mudik tahun ini yakni mengantisipasi terjadinya antrean panjang dan kerumunan pemudik di dalam dan luar Pelabuhan Merak. Kepadatan ini tentu akan mengundang tindakan kejahatan.

"Yang diantisipasi lonjakan pemudik yang satu titik bertemu dengan jumlah yang sangat besar. Itu kami antisipasi," katanya.

Baca Juga: Arus Mudik Mulai Ramai, Pelabuhan Merak Seberangkan 21.860 Penumpang

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya