Pengedar Uang Palsu di Cilegon Terbongkar Gara-gara Beli Obat Kuat

Rencananya uang palsu ini akan diedarkan di Sumatra

Serang, IDN Times - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Cilegon mengungkap kasus ribuan lembar uang palsu rupiah dan mata uang asing. Kasus ini terkuak setelah salah satu tersangka membeli obat kuat di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon.

"Berawal dari tersangka MI (35) usai berbelanja obat kuat yang dicurigai menggunakan uang palsu," kata Kapolres Cilegon AKBP Eko Tjahyo Untoro, Rabu (1/3/2023).

Baca Juga: Geliatkan Potensi Wisata Halal, Agen Perjalanan Targetkan Cilegon

1. Petugas sita ribuan lembar mata uang rupiah dan asing

Pengedar Uang Palsu di Cilegon Terbongkar Gara-gara Beli Obat KuatDok. Istimewa/Polda Banten

Petugas menemukan kantong plastik hitam dari tangan pelaku yang berisi 6.800 lembar  uang yang diduga palsu. Uang palsu itu terdiri dari 112 ikat atau 11.200 lembar menyerupai mata uang asing dolar Amerika Serikat, 30 ikat atau 3.000 lembar menyerupai mata uang asing euro, 6 ikat atau 600 lembar menyerupai mata uang asing dolar Brazil.

Lalu 300 lembar menyerupai rupiah palsu nominal Rp100 ribu, 60 lembar menyerupai rupiah nominal Rp10 ribu, 1.000 lembar menyerupai mata uang asing Euro International, dan 300 lembar menyerupai mata uang asing dolar Zimbabwe.

“Total untuk yang termasuk mata uang Indonesia itu Rp67 juta, kalau mata uang dari negara lain atau mata uang asing belum dihitung kita akan melibatkan tim ahli dari Bank Indonesia,” katanya.

2. Dua orang ditangkap polisi

Pengedar Uang Palsu di Cilegon Terbongkar Gara-gara Beli Obat KuatDok. Istimewa/Polres Serang

Dari pengungkapan peredaran uang palsu tersebut, polisi menangkap sebanyak dua pelaku berinisial MI (35) dan HI (42). Sementara, satu orang pelaku lain inisial TJ masih dalam pengejaran atau masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

"Mereka merupakan warga Jawa Barat dan Jawa Timur. Kita juga akan terus memburu tersangka lain yang melarikan diri," katanya.

3. Pelaku semula akan mengedarkan uang palsu itu di Sumatra

Pengedar Uang Palsu di Cilegon Terbongkar Gara-gara Beli Obat KuatIlustrasi uang palsu. (IDN Times/Indiana Malia)

Dia menjelaskan, para tersangka itu akan mengedarkan uang palsu yang dicetaknya untuk disebarkan di wilayah Pulau Sumatra melalui Pelabuhan Merak. Secara kasat mata, lanjutnya, uang palsu yang diproduksi oleh para pelaku ini bisa dibedakan dari ukurannya maupun bahan yang kasar.

Diketahui, para pelaku belum sempat mengedarkan uang ini lantaran sudah dibekuk terlebih dahulu saat akan menyebarkan luaskan tindakan kejahatannya ini.

“Ini terlihat sangat jelas uang palsu, terlihat dari ukuran dan bahan yang kasar atau tidak halus seperti uang aslinya,” katanya.

Selain itu, polisi pun membongkar tempat pembuatan uang palsu di daerah Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Polisi menyita dua unit printer yang sudah dimodifikasi, satu unit laptop, satu set tinta warna, satu unit alat infra pengecek uang, satu unit setrika, satu unit alat sablon, dua dus bahan kertas dan satu rim kertas cetakan gambar menyerupai mata uang asing dolar Brazil.

"Ada juga 38 lembar kertas ikat uang, dan satu buah flashdisk," katanya.

Baca Juga: Ada SPKLU Di Tol Tangerang-Merak, Ini Lokasinya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya