Pilkada Pandeglang Diikuti 2 Pasangan, Petahana Irna Ditantang Thoni 

Petahana didukung koalisi besar

Pandeglang, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang menerima dua berkas pendaftaran, yakni Irna Narulita-Tanto W Arban dan Thoni Fatoni Mukson-Miftahul Tamamy, sebagai bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang.

Bapaslon petahana Irna dan Tanto mendaftar ke KPU Pandeglang pada Sabtu (5/9/2020) kemarin, sedangkan penantang Thoni dan Miftahul mendaftar ke KPU pada hari ini, Minggu (6/9/2020).

1. Pilkada Pandeglag hanya diikuti oleh dua bapaslon

Pilkada Pandeglang Diikuti 2 Pasangan, Petahana Irna Ditantang Thoni Dok. KPU Pandeglang

Ketua KPU Pandeglang, Ahmad Suja'i mengatakan, Pilkada Pandeglang tahun ini dipastikan hanya akan diikuti oleh dua bapaslon. Dua bapaslon lain dari jalur independen Krisyanto-Hendra Pranova dan Mulyadi-Subhan, gagal mendapatkan tiket untuk maju.

"Berdasarkan pengecekan yang disaksikan oleh Bawaslu Pandeglang dan Tim Penghubung Bakal Pasangan Calon, dokumen persyaratan pencalonan lengkap dan sah, sementara syarat calon dinyatakan lengkap," katanya saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Lawan Adik Atut di Pilkada Serang, Nasrul-Eki Resmi Daftar ke KPU  

2. Berkas pendaftaran akan diverifikasi

Pilkada Pandeglang Diikuti 2 Pasangan, Petahana Irna Ditantang Thoni Dok. Instagram/IrnaDimyati

Setelah selesai masa pendaftaan, pihaknya akan memverifikasi berkas pendaftaran dua bapslon tersebut. Tahapan verifikasi akan dilakukan KPU pada 6-12 September 2020 mendatang.

"Jika masih ada yang belum sah, disampaikan saat masa perbaikan pada 14-16 September 2020," ujar Suja'i.

3. Melawan petahana, Thoni hanya didukung dua parpol

Pilkada Pandeglang Diikuti 2 Pasangan, Petahana Irna Ditantang Thoni Dok. KPU Pandeglang

Untuk diketahui, calon penantang Thoni dan Miftahul hanya didukung oleh dua partai politik (parpol) yakni PPP dan PKB di Pilkada Pandeglang 2020.

Berbeda dengan calon petahana Irna dan Tanto W Arban yang diusung oleh koalisi besar seperti partai Golkar, PDI Perjuangan, PAN, Demokrat, Nasdem, PBB, PKS dan Gerindra.

Baca Juga: Protokol Kesehatan Dilanggar, Pilkada Bisa Menjadi Klaster Baru

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya