Pilkada Serang: Sejumlah TPS di Lokasi Banjir Sepi Pemilih 

Ada pemilih yang terpaksa mengungsi karena banjir

Serang, IDN Times - Sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Desa Negara, Kecamatan Kibin, pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Serang sepi pemilih. Salah satu faktor penyebabnya adalah banjir menerjang pemukiman warga.

Kampung Perumahan Bumi Negara Lestari, Desa Negara merupakan salah satu daerah yang menjadi lokasi paling parah di Kabupaten Serang dimana ketinggian air mencapai sedada orang dewasa.

Baca Juga: Warga di Serang Terjang Banjir Demi Salurkan Hak Suara 

1. Banjir, ada pemilih yang terpaksa mengungsi ke rumah kerabat di luar daerah

Pilkada Serang: Sejumlah TPS di Lokasi Banjir Sepi Pemilih IDN Times/Khaerul Anwar

Padahal para petugas Kelompok Penyelenggara Pemunguatan Suara (KPPS) sudah memberikan informasi dan imbauan mulai dari menggunakan pengeras suara Masjid -Musola hingga grup whatsApp warga. Namun tetap hingga pukul 11.18 WIB siang TPS masih sepi pemilih.

Seperti di TPS 10 Perumahan Bumi Negara Lestari dari sebayak 428 daftar pemilih tetap (DPT) baru sekitar 19 pemilih yang sudah menyalurkan hak suaranya.

"Sudah kita imbau dari jam 7 pagi, tapi masih sedikit mungkin karena ada yang ngungsi di rumah saudara di luar daerah," kata Sobri salah satu petugas TPS kepada wartawan, Rabu (9/12/2020).

Baca Juga: Sejumlah Lokasi TPS di Serang Terisolir Akibat Banjir 

2. Sebagian pemilih memilih tetap tinggal di rumah

Pilkada Serang: Sejumlah TPS di Lokasi Banjir Sepi Pemilih ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww

Sementara di TPS 11 dari 426 DPT yang ada baru sekitar kurang lebih 30 pemilih yang mendatangi TPS untuk memilih calon bupati dan wakil bupati Serang 2020.

Petugas TPS Nurmuda mengatakan, biasanya pada setiap pemilihan di jam yang sama tingkat partisipasi pemilih sudah mencapai 60 persen. Mereka lebih memilih tetap dirumah karena untuk salurkan hak suara harus menerjang banjir sebab rumahnya terisolir akibat banjir.

"Mungkin di rumah terjebak banjir keluar sungkan kemungkinan sih. Kedalaman air masih sedada orang dewasa sejak minggu," katanya.

3. Hanya calon bupati nomor urut 2 Nasrul Ulum yang mencoblos

Pilkada Serang: Sejumlah TPS di Lokasi Banjir Sepi Pemilih Pilkada Serang 2020 (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Berdasarkan informasi yang dihimpun, dari dua pasangan calon bupati dan wakil bupati Serang, hanya calon bupati nomor urut 2 Nasrul Ulum yang melakukan pencoblosan. Dia mencoblos di TPS daerah Marga Giri, Kecamatan Bojonegara.

Sementara wakilnya, Eki Baehaki dan dua pasangan calon nomor urut 1 Ratu Tatu Chasanah dan Panji Tirtayasa tidak mencoblos karena berdomisili di Kota Serang.

Baca Juga: Ini Visi Misi 2 Paslon yang Bertarung di Pilkada Serang 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya