Pindah ke TV Digital, Banten Dapat Jatah 140 Ribu STB 

STB gratis itu diperuntukkan bagi warga miskin

Serang, IDN Times - Provinsi Banten mendapat jatah 140.272 unit Set Top Box (STB) dari pemerintah pusat dalam rangka migrasi siaran televisi analog ke digital atau analog switch off (ASO). STB itu diperuntukkan bagi untuk masyarakat miskin berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Hari ini Jumat (4/11/2022) merupakan hari kedua ASO dan diberlakukannya siaran TV digital di Jabodetabek.

Baca Juga: TV Analog Disuntik Mati, Kominfo Klaim 476 Ribu STB Didistribusikan

1. Ratusan ribu STB akan didistribusikan kepada warga di 5 daerah di Banten

Pindah ke TV Digital, Banten Dapat Jatah 140 Ribu STB Pedagang melayani pembeli set top box (STB) TV Digital di pusat elektronik Blok AA Pasar Raya Padang, Sumatera Barat, Rabu (30/3/2022). ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Bantsn Banten Haris H. Witharja mengatakan, ratusan ribu STB gratis itu akan dibagikan kepada warga di 5 kabupaten/kota di Banten dengan dibagi tiga zona.

Pembagian STB gratis untuk Banten 1 terdiri dari Kota Cilegon, Kota Serang, dan Kabupaten Serang. Sedangkan untuk Banten 2 yaitu Kabupaten Pandeglang dan Banten 3 yakni Kabupaten Lebak.

"Sementara untuk Tangerang Raya langsung dibagikan oleh pemerintah pusat," katanya saat dikonfirmasi.

2. Penyaluran STB gratis baru 20 persen

Pindah ke TV Digital, Banten Dapat Jatah 140 Ribu STB STB Matrix Apple. (tokopedia.com/han899)

Haris menyampaikan, hingga hari ini penyaluran STB gratis di Banten baru mencapai 20 persen atau 25.717 unit dari target 140.272 unit pada tahap pertama.

Dia merinci, Kota Cilegon mendapatkan jatah sebanyak 5.370 unit dan yang sudah tersalurkan sebanyak 1.794 unit. Kota Serang sebanyak 8.448 unit baru tersalurkan sebanyak 5.920 unit. Sedangkan Kabupaten Serang sebanyak 38.066 unit, baru tersalurkan sebanyak 16.684 unit.

Kemudian untuk Banten 2 yakni Kabupaten Pandeglang mendapatkan jatah sebanyak 61.903 unit, yang sudah terealisasi sebanyak 1.319 unit.

Sementara untuk Banten 3 yaitu Kabupaten Lebak mendapatkan jatah sebanyak 26.485 unit, yang sudah terealisasi masih nol. "STB untuk wilayah Lebak belum tersalurkan, lantaran datanya belum masuk di Kementerian Kominfo," katanya.

3. Warga yang tidak mendapatkan STB gratis, bisa membeli sendiri di toko-toko

Pindah ke TV Digital, Banten Dapat Jatah 140 Ribu STB Konferensi Pers “Penyampaian Jadwal Penghentian Siaran TV Analog atau Analog Switch Off (ASO) di wilayah Jabodetabek oleh Kominfo, Jumat (23/9/2022). (youtube.com/Kemkominfo TV)

Untuk warga yang tidak mendapatkan STB secara gratis, Haris mengatakan, mereka bisa membeli secara mandiri di toko-toko yang tersedia agar tetap bisa menikmati siaran TV digital.

"Soalnya kalau sudah ASO gelap, hilang TV analognya sudah ke siaran digital," katanya.

Baca Juga: 15 Ribu KK Miskin Tabanan Diusulkan Dapat Bantuan STB

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya