Pj Gubernur Banten Sembelih Sendiri Sapi Sultan Pemberian Jokowi

Dia juga sudah punya sertifikat Juleha loh

Serang, IDN Times - Pj Gubernur Banten Al Muktabar sembelih sendiri sapi "Sultan" pemberian Presiden Joko 'Jokowi' Widodo untuk perayaan ibadah kurban pada momen hari raya Idul Adha 2022.

Sapi berbobot satu ton lebih yang dibeli Jokowi dari peternakan Farm House Cilegon, Kota Cilegon, Banten itu disembelih di Halaman Madjid Al Bantani di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Minggu (10/7/2022).

"Bagi saya sendiri (menyembelih sendiri) itu dedikasi dan pengabdian saya kepada pak presiden," kata Al Muktabar kepada wartawan.

1. Al Muktabar telah memiliki sertifikat Juleha

Pj Gubernur Banten Sembelih Sendiri Sapi Sultan Pemberian JokowiDok. Istimewa/Hikmat

Tak sembarangan, orang nomor satu di Pemprov Banten itu telah memiliki sertifikat Juru Sembelih Hewan Halal (Juleha) dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dia menjamin penyembelihan yang dilakukan Al Muktabar telah sesuai syariat islam.

"Ya saya pemegang sertifikat Juleha, Mudah-mudahan ini bermakna dalam rangka kita terus menerus menjalankan nilai ibadah kurban," katanya.

2. Sapi kurban Jokowi akan diberikan kepada penderita stunting dan gizi buruk

Pj Gubernur Banten Sembelih Sendiri Sapi Sultan Pemberian JokowiPenyembelihan hewan kurban saat Idul Adha 1442 Hijriyah di di lingkungan RW 05 Perumahan Pasadena Kelurahan Kalipancur Ngaliyan Kota Semarang. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum).

Pasca disembelih daging sapi kurban diserahkan ke pengurus masjid untuk kemudian dibagikan khusus untuk warga Banten yang menderita stunting dan gizi buruk. Dia menilai daging sapi ini berguna untuk menambah gizi.

"Yang istimewa ini bahwa daging hewan kurban kita akan berikan kepada saudara kita dalam penanganan stunting dan gizi buruk," katanya.

3. Dia imbau daging kurban diprioritaskan untuk warga kurang mampu

Pj Gubernur Banten Sembelih Sendiri Sapi Sultan Pemberian JokowiWarga memotong daging kurban di di lingkungan RW 05 Perumahan Pasadena Kelurahan Kalipancur Ngaliyan. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Dia pun mengimbau kepada warga yang tengah melaksanakan ibadah kurban untuk memprioritaskan dibagikan kepada warga yang kurang mampu sehingga ada pemerataan asupan gizi bagi warga Banten.

"Kita imbau untuk penanganan sunting dan gizi buruk (semua masyarakat) tergerak memberikan kepada masyarakat kurang yang beruntung diawali dari masjid ini," katanya.

Baca Juga: Senangnya Warga Kota Serang Bisa  Salat Idul Adha Lagi di Alun-alun  

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya