PKB-PPP Bangun Koalisi Lawan Petahana di Pilkada Pandeglang 

Melawan istri penguasa Pandeglang Dimyati Natakusuma

Serang, IDN Times - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membangun koalisi untuk mengusung Thoni Fathoni Mukson di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pandeglang. Kedua partai ini menyatakan siap melawan bakal calon petahana, Irna Narulita dan Tanto W Arban.

"DPW PPP dan DPW PKB sepakat untuk mengusung Thoni Fathoni Mukson sebagai Calon Bupati Pandeglang. Semoga niatan kami, Bupati baru untuk Pandeglang maju bisa terwujud," ujar Sekretaris DPW PPP Banten, Iskandar saat membacakan surat rekomendasi di Sekretariat DPW PPP Banten, Kota Serang, Minggu, (5/7).

1. Membutuhkan dukungan partai lain

PKB-PPP Bangun Koalisi Lawan Petahana di Pilkada Pandeglang IDN Times/Khaerul Anwar

Thoni Fathoni Mukson mengakui, dirinya membutuhkan dukungan dari semua pihak. Bahkan partai-partai yang belum menentukan sikap politik, termasuk Partai Gerindra. Meski dengan dukungan dua partai ini, keduanya sudah memenuhi syarat untuk maju di Pilkada Pandeglang.

"Kami meyakini kalau Gerindra gabung dengan kami, akan menjadi lokomotif besar untuk kemenangan kami. Saya memohon dengan sangat agar Partai Gerindra bergabung dengan koalisi perubahan," ujar Thoni.

Baca Juga: Beredar Surat Rekomendasi PDI Perjuangan Usung Muhamad-Saras 

2. Berharap dukungan partai Gerindra

PKB-PPP Bangun Koalisi Lawan Petahana di Pilkada Pandeglang IDN Times/Khaerul Anwar

Pihaknya juga mengaku intens melakukan penjajakan politik, terutama dengan Partai Gerindra yang sudah menjadi pemenang dua kali dalam Pilkada di Pandeglang. Kemudian dengan PBB, Perindo dan Nasdem yang juga belum menentukan sikap.

"Upaya politik kami lakukan bersama Gerindra, Nasdem, PBB, Perindo dan teman-teman non partai. Kami akan upayakan. Terutama Gerindra yang sudah menang dua kali pemilu di Pandeglang. Kami percaya pada gerbong mereka. Ini konsolidasi awal. Kami upayakan meraka gabung," lanjutnya.

3. Petahana sudah mengantongi lima dukungan parpol

PKB-PPP Bangun Koalisi Lawan Petahana di Pilkada Pandeglang Instagram/Irnadimyati

Pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020, Irna akan kembali maju di Pandeglang sebagai petahana bersama wakilnya politisi Partai Golkar, Tanto W Arban. Tanto merupakan menantu penguasa Banten, Ratu Atut Chosiyah.

Saat ini, Irna dan Tanto sudah mendapatkan rekomendasi dari sejumlah partai besar seperti PDI Perjuangan, Golkar, PKS, Demokrat dan PAN. Parpol pengusung Irna-Tanto cukup berpengaruh, dan mendapatkan banyak kursi di DPRD Pandeglang.

Baca Juga: Mengenal Irna Narulita, Calon Petahana di Pilkada Pandeglang 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya