PKS Dukung Kader PDIP di Pilkada Pandeglang 2020, Pengamat: Pragmatis!

Hal itu biasa di dunia politik

Pandeglang, IDN Times - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akhirnya mendukung kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Irna Narulita di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pandeglang. Irna merupakan petahana.

Dukungan PKS terhadap kader PDIP tak biasa di Banten, lantaran di Pilkada sebelumnya PKS selalu berseberangan dengan PDIP karena dalih perbedaan pandangan ideologi. Bahkan sebelumnya PKS sempat mengancam akan mencabut dukung terhadap Irna jika benar resmi menjadi kader PDIP.

Namun, bagi pengamat, hal itu tak aneh di dunia politik. 

Baca Juga: Sempat Ancam Tarik Dukungan, PKS Usung Irna-Tanto di Pandeglang 

1. Awalnya berseberangan, lalu berdampingan itu biasa di politik

PKS Dukung Kader PDIP di Pilkada Pandeglang 2020, Pengamat: Pragmatis!IDN Times/khaerul anwar

Pengamat yang juga dosen di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Serang Abdul Hamid mengatakan, dalam perhelatan politik tidak ada aspek ideologi dan yang dipertimbangkan oleh partai politik adalah potensi kemenangan dan kekuasaan.

"Biasa, mereka sudah amat pragmatis. Ancaman cabut dukungan hanya upaya membangun bargaining position saja. Tidak ada aspek ideologis dalam koalisi pilkada ini," kata Hamdi, Selasa (10/3).

2. Pengaruh sang suami Irna

PKS Dukung Kader PDIP di Pilkada Pandeglang 2020, Pengamat: Pragmatis!Instagram/Dimyatinatakusumah99

Selian pertimbangan petahan Irna sebagai calon kuat di Pilkada Pandeglang, peran sang suami Irna pun sangat berpengaruh terhadap keputusan PKS. Dimyati Natakusumah merupakan mantan Bupati Pandeglang dua periode yang kini menjabat jadi anggota DPR RI dari PKS.

"PKS mendukung Irna sudah bisa diduga, bagaimanapun Dimyati (suami Irna) anggota DPR dari PKS," tuturnya.

3. Peta politik di Pilkada Pandeglang

PKS Dukung Kader PDIP di Pilkada Pandeglang 2020, Pengamat: Pragmatis!IDN Times/khaerul anwar

Meski, kans kemenangan calon petahan Irna dan menantu Ratu Atut, Tanto W Arban kuat, peta politik di Pilkada Pandeglang 2020 masih dinilai dinamis lantaran baru empat partai yang telah menyatakan dukungan untuk Irna dan Tanto.

Pilkada Pandeglang pun diramaikan oleh dua calon independen, yakni Vokalis grup band Jamrud Krisyanto - Hendra Pranova dan Mulyadhi - A. Subhan.

"Peta politik masih dinamis dan peluang untuk para calon masih ada. Yang terpenting adalah lolos menjadi calon yang berlaga resmi dalam pilkada," tuturnya.

Baca Juga: Nazar Vokalis Jamrud: Cukur Rambutnya Jika Terpilih Jadi Bupati

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya