Polda Banten Kerahkan 1.639 Personel Amankan Arus Mudik 

Ada 46 pos pengamanan dan pelayanan lebaran

Serang, IDN Times - Polda Banten telah memetakan jumlah pasukan yang akan dikerahkan untuk pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Sebanyak 1.639 personel anggota kepolisian diterjunkan selama musim arus mudik hingga balik Lebaran 2024.

"Baru saja kami melaksanakan rapat kordinasi dalam rangka Operasi Ketupat Maung 2024, yang akan kami persiapkan mulai minggu depan, tanggal 1 sampai 19 April 2024," kata Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim, Kamis (28/3/2024).

1. Ada 46 pos pengamanan dan pelayanan lebaran

Polda Banten Kerahkan 1.639 Personel Amankan Arus Mudik IDN Times/Khaerul Anwar

Kemudian, sebanyak 46 pos Lebaran 2024 juga bakal disiapkan untuk memperlancar arus mudik maupun balik di Banten. Rinciannya, 38 pos pengamanan dan 8 pos pelayanan.

"Artinya, dalam rakor ini kami telah menyamakan persepsi untuk cara bertindak di lapangan agar kordinasi berjalan dengan baik," katanya.

2. Ada penambahan buffer zone di tahun ini

Polda Banten Kerahkan 1.639 Personel Amankan Arus Mudik Pelabuhan Ciwandan (IDN Times/Khaerul Anwar)

Kapolda mengatakan, secara umum konsep pelayanan arus mudik penyeberangan Pulau Jawa - Sumatra tahun ini hampir sama tahun sebelumnya yakni dengan membuka tiga pelabuhan, yakni Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan BBJ.

"Ada rest area tempat transit. Jadi ketika terjadi penumpukan di tiga pelabuhan itu, kami punya kantong (parkir) baru baik roda 4 maupun 2.  Jangan sampai menumpuk di pelabuhan, tapi di buffer zone," katanya.

3. Polda Banten menyiagakan personel di titik rawan kejahatan

Polda Banten Kerahkan 1.639 Personel Amankan Arus Mudik Sejumlah penumpang kapal turun dari dermaga penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Untuk mengantisipasi terjadinya kejahatan jalanan seperti yang terjadi pada tahun lalu yang menimpa pemudik saat macet panjang, Polda Banten akan menyiapkan personel di sejumlah titik yang dinilai rawan kejahatan.

"Kami buat buffer zone yang betul-betul kami amankan," katanya.

Baca Juga: Arus Mudik, 3,5 Juta Kendaraan Akan Melintas di Tol Tangerang-Merak

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya