Polda Banten Uji Coba Tilang Elektronik Pakai Drone

Sasaran sama dengan ETLE statis dan mobile

Serang, IDN Times - Direktorat Lalu Lintas Polda Banten mulai menguji coba penerapan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) dengan mengandalkan kamera pengawas atas atau drone.

"Hari ini Ditlantas Polda Banten sedang melakukan uji coba kamera pengintai pelanggaran lalu lintas berupa drone," kata Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Firman Darmansyah, Senin (13/2/2023).

Polda Banten merupakan daerah yang kedua menerapkan ETLE yang menggunakan kamera pengintai atas jenis drone setelah Polda Jateng.

Baca Juga: Polresta Tangerang Uji Coba Tilang Elektronik Pakai Drone di Titik Ini

1. Mekanisme serupa dengan ETLE statis dan mobile

Polda Banten Uji Coba Tilang Elektronik Pakai DroneDok. Istimewa/Polda Banten

Firman menjelaskan bahwa mekanisme tilang elektronik dengan menggunakan drone ini sama dengan ETLE statis maupun mobile, yakni dengan sasaran pelanggaran yang kasat mata.

Perbedaan dari ETLE statis yang dipasang permanen di jalan strategis dan mobile yang dibawa petugas atau mobil patroli, kamera ETLE drone akan lebih dinamis karena dapat mengambil sudut gambar dari langit yang berjarak 10-20 meter.

"Kamera mengambil gambar pelanggaran, kemudian divalidasi, lalu dicetak dan dikirim ke alamat diduga pelanggar," katanya.

2. Sejumlah polres pun akan menerapkan hal yang sama

Polda Banten Uji Coba Tilang Elektronik Pakai DroneANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc.

Polda Banten telah menerjunkan 3 unit ETLE jenis drone untuk mengintai pelanggaran lalu lintas. Kemudian, lanjut Firman, tilang menggunakan drone ini akan diikuti oleh sejumlah polres-polres yang berada di wilayah hukum Polda Banten.

"Dalam waktu dekat Polres Cilegon, Polres Lebak, dan Kabupaten Serang, akan menyiapkan unit drone," katanya.

Baca Juga: Polisi Tangkap Guru Ngaji di Tangerang yang Cabuli 7 Muridnya

3. ETLE dengan drone ini diprediksi sangat berguna saat liburan Lebaran

Polda Banten Uji Coba Tilang Elektronik Pakai DroneRatusan kendaraan pribadi yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera terjebak kemacetan sebelum masuk ke kapal "Roll on-Roll off" (RoRo) di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (27/4/2022) dini hari. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Terpisah, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Didik Haryanto mengatakan, ETLE Drone juga akan dioprasikan untuk mengurai kemacetan lalu lintas setiap momen hari besar.

Misalkan, dalam kegiatan pengamanan arus mudik lebaran akan digunakan untuk mencari titik simpul kemacetan sehingga mempermudah petugas untuk mencari titik macet tersebut.

"Sehingga untuk mengantisipasi kemacetan, pelanggaran yang rawan laka lantas menjelang Ketupat tahun 2023," katanya.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya