Polisi Sita Odong-odong yang Masuk Jalan Raya di Serang

Sang sopir gak punya SIM, kena tilang deh!

Serang, IDN Times - Satlantas Polres Serang menyita satu unit kendaraan odong-odong. Pengemudi odong-odong itu nekat beroperasi dan mengangkut penumpang di jalan ruas jalan Raya Pontang - Tanara.

Tindakan tegas ini dilakukan agar kejadian kecelakaan odong-odong yang menewaskan 10 penumpang terjadi lagi di wilayahnya. Pasca kecelakaan maut yang melibatkan kendaraan odong-odong, Satlantas Polres Serang rutin melakukan patroli odong-odong yang beroperasi di jalan raya.

Baca Juga: Korban Kecelakaan Odong-odong Maut di Serang Bertambah Jadi 10 Orang  

1. Odong-odong angkut 25 penumpang di Jalan Raya Pontang

Polisi Sita Odong-odong yang Masuk Jalan Raya di SerangDok. Istimewa/Polres Serang

Kanit Turjawali Satlantas Polres Serang Iptu Dirga Abriawan mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari masyarakat bahwa masih banyaknya odong-odong yang beroperasi mengangkut penumpang di jalan Pontang - Tanara.

Berdasarkan hasil patroli yang dilakukan, pihaknya menemukan kendaraan odong-odong yang mengangkut 25 orang penumpang yang melintasi jalur tersebut. Padahal seharusnya odong-odong atau kereta wisata hanya dapat beroperasi di kawasan wisata saja agar tidak membahayakan para penumpang dan pengendara lain.

"Penumpang terdiri dari ibu-ibu dan anak-anak. Tadi sudah kami imbau agar menggunakan kendaraan umum yang semestinya agar tidak membahayakan keselamatan," katanya.

2. Pengemudi tak punya SIM, kena tilang, deh!

Polisi Sita Odong-odong yang Masuk Jalan Raya di SerangIDN Times/Khaerul Anwar

Dari hasil pemeriksaan sang sopir tidak memiliki surat izin mengemudi dan petugas memberikan sanksi tegas kepada pengemudi dengan menjatuhi sangsi tilang dan membawa serta kendaraan ke Polres Serang untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Kami memberikan tindakan tegas dengan memberikan sangsi tilang dan untuk kendaraan kami bawa ke Polres Serang," ucap Dirga.

Baca Juga: Kesaksian Warga, Detik-detik Kecelakaan Odong-odong Maut 

3. Penumpang diminta turun dan pindah ke kendaraan umum

Polisi Sita Odong-odong yang Masuk Jalan Raya di SerangIDN Times/Khaerul Anwar

Sementara itu, untuk penumpang yang menaiki odong-odong petugas mencarikan angkutan umum agar penumpang dapat selamat sampai tujuan petugas juga memberikan imbauan kepada penumpang agar menggunakan kendaraan umum yang semestinya ketika melintasi di jalan raya.

Selain mendapati kendaraan odong-odong yang tengah beroperasi, kepolisian juga menemukan ada bengkel yang tengah memperbaiki odong-odong lainnya.  "Kami menemukan tiga, yang mana salah satunya merupakan pemilik bengkel, dan kita telah memberikan imbauan secara tegas untuk tidak lagi mengoperasikan kendaraan odong-odong di jalan raya," jelas Dirga.

Baca Juga: [BREAKING] Odong-odong di Serang Tertabrak Kereta Api, 9 Orang Tewas

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya