PPDB SMA/SMK di Banten, Pj Gubernur: Jangan Ada Siswa Titipan

Al Muktabar juga menekankan soal server website

Serang, IDN Times - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK Negeri di Banten dimulai Senin 19 Juni 2023. Pj Gubernur Banten Al Muktabar menekankan agar server website pendaftaran tidak down dan dikeluhkan masyarakat pada saat pelaksanaan.

"Sudah kita siapkan aplikasinya saya sudah cek jangan sampai jam 00:00 ada trouble teknis ini harus diperhitungkan betul dan saya akan melototi di Minggu jam 00:00 itu," kata Al Muktabar usai launching PPDB di SMAN Ciruas, Serang, Jumat malam (16/6/2023).

Baca Juga: Kuota PPDB SMA/SMK di Banten Tahun 2023 Bertambah

1. Jadwal empat jalur pendaftaran PPDB SMA/SMK negeri di Banten

PPDB SMA/SMK di Banten, Pj Gubernur: Jangan Ada Siswa Titipan(Ilustrasi). Siswa dan wali murid berkonsultasi. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

PPDB akan diawali dengan pendaftaran melalui sistem afirmasi pada tanggal 19 hingga 23 Juni 2023. Selanjutnya adalah jalur zonasi, jalur prestasi, dan jalur perpindahan orang tua pada 3 sampai dengan 6 Juli 2023.

"Kita berusaha ini (berjalan baik) makanya harus berusaha mewujudkan yang baik kita semua harus mensukseskan ini," katanya.

2. PPDB harus transparan, jangan sampai ada siswa titipan

PPDB SMA/SMK di Banten, Pj Gubernur: Jangan Ada Siswa TitipanIDN Times/Khaerul Anwar

Mantan Sekda Banten itu mengatakan, PPDB harus transparan dan akuntabel. Ia berharap, tidak ada isu-isu, seperti siswa titipan dan lain sebagainya seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

Namun, ia menegaskan, bahwa PPDB secara online merupakan salah satu langkah untuk mengantisipasi kecurangan. "Basisnya adalah prosedur. Aplikasi pada dasarnya telah mengurangi intensitas komunikasi secara langsung," katanya.

3. Website pendaftaran PPDB dikembalikan secara terpusat

PPDB SMA/SMK di Banten, Pj Gubernur: Jangan Ada Siswa TitipanIlustrasi PPDB (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadindikbud) Banten Tabrani mengatakan, untuk pendaftaran PPDB online tahun ini dikembalikan secara terpusat melalui website ppdb.bantenprov.go.id.

Pihaknya telah bekerja sama dengan pihak ketiga dalam penyelenggaran pendaftaran sistem online ini dan mereka bakal diberi sanksi jika website atau server mengalami down.

"Sudah menandatangani surat pernyataan siap disanksi bila memang tidak baik (tidak bisa diakses) dan kooperatif," katanya.

Baca Juga: PPDB SMA/SMK Negeri di Banten Segera Dibuka, Catat Waktunya  

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya