Puncak Libur Panjang, 27.424 Orang Menyeberang ke Sumatera 

Antrean di Pelabuhan Merak gak terlalu panjang

Cilegon, IDN Times - PT ASDP Indonesia Ferry mencatat sebanyak 27.424 orang menyeberang ke Sumatera melalui Pelabuhan Merak pada saat puncak arus mudik cuti bersama pada Selasa malam (27/10/2020).

Jumlah tersebut terdiri sebanyak 25.846 orang yang menaiki kendaraan dan 1.578 orang penumpang pejalan kaki. Dalam keadaan normal, penyeberang hanya sekitar 20.000 orang.
Sementara jumlah kendaraan yang menyeberang pada hari sama sebanyak 7.460 unit kendaraan, baik roda dua, roda empat, bus dan truk. Sedangkan pada hari biasa hanya sekitar 5.000 unit kendaraan.  

Baca Juga: Jelang Libur Panjang, Volume Penyeberangan di Merak Naik 6 Persen 

1. Jumlah penumpang meningkat 36 persen

Puncak Libur Panjang, 27.424 Orang Menyeberang ke Sumatera Instagram/ASDP

General Manajer PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Hasan Lessy mengatakan, angka jumlah penumpang tersebut mengalami kenaikan sekitar 36 persen dibandingkan keadaan normal di masa pandemik COVID-19. Sementara, untuk jumlah kendaraan yang menyeberang pada hari yang sama mengalami kenaikan sekitar 39 persen.

"Kenaikan terjadi sejak kemarin pukul 08.00 WIB hingga hari ini pukul 08.00 WIB," kata Hasan saat dikonfirmasi, Rabu (28/10/2020).

2. Arus penyeberangan kembali normal

Puncak Libur Panjang, 27.424 Orang Menyeberang ke Sumatera Ilustrasi pemudik. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Dengan telah terjadinya puncak arus mudik libur panjang tersebut, dia menyebut, arus penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni kembali normal.

Kendati demikian kepadatan puncak mudik kali ini tidak terlalu ramai dibandingkan masa mudik sebelum pandemik COVID-19.

"Pelayanan normal dan antrean tidak terlalu lama. Semua kendaraan yang menyeberang masih tertampung di area parkir pelabuhan, sehingga tidak menyebabkan kemacetan," tuturnya. 

3. Arus balik penyeberangan terjadi hari minggu depan

Puncak Libur Panjang, 27.424 Orang Menyeberang ke Sumatera Pelabuhan Merak (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Hasan menuturkan arus balik dari Sumatera ke Jawa, diprediksi akan terjadi puncaknya pada Minggu (1/11/202o). "Puncak arus balik kita prediksi hari Minggu karena menjadi hari terakhir libur cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW," katanya

Baca Juga: Wahidin Tidak Akan Sanksi Warganya Yang Tolak Vaksin COVID-19

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya