Ratu Atut Pertimbangkan Turun Gunung Kampanyekan Airin dan Andika

Sejuah ini, Atut mengaku sibuk mengurus cucu

Serang, IDN Times - Mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah mempertimbangkan akan turun gunung dan ikut kampanye bagi Airin Rachmi Diamy dan Andika Hazrumy di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Andika merupakan anak Ratu Atut dan Airin adalah adik iparnya.

"(Ibu akan turun ke politik, bantu Airin dan Andika?) Nanti dilihat," kata Atut saat menghadiri acara pelantikan anggota DPRD Banten, Senin (2/9/2024).

Baca Juga: Pelantikan DPRD Banten Jadi Ajang Reuni Keluarga Dinasti Ratu Atut 

1. Atut doakan keluarganya yang maju pilkada di Banten

Ratu Atut Pertimbangkan Turun Gunung Kampanyekan Airin dan AndikaIDN Times/Khaerul Anwar

Atut menjelaskan, sejauh ini aktivitasnya lebih banyak mengurus cucu setelah keluar penjara. Ia berharap, keluarganya yang tengah maju bisa memenangkan perhelatan di Pilkada Serentak 2024.

"Ya mendoakan lancar sukses (dalam perhelatan pilkada)," katanya.

Sebelumnya, Ratu Atut terjerat dua kasus. Pertama kasus suap terhadap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar. Dalam kasus suap hakim MK itu pada 1 September 2014 Ratu Atut dihukum 4 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta.

Hukuman tersebut diperberat Mahkamah Agung (MA) dalam putusan kasasi. Hukuman Ratu Atut menjadi 7 tahun penjara.

Kasus kedua, Atut terjerat kasus tindakan korupsi dengan mengatur proses penganggaran pengadaan alkes Banten dan mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp79 miliar. Dia divonis 5 tahun 6 bulan dan denda Rp 250 juta subsider 3 bulan kurungan.

2. Atut mendoakan putra bungsunya yang baru dilantik sukses

Ratu Atut Pertimbangkan Turun Gunung Kampanyekan Airin dan AndikaIDN Times/Khaerul Anwar

Dalam kesempatan tersebut, Atut juga mendoakan putra bungsu yang baru saja dilantik menjadi anggota DPRD Banten periode 2024-2029 bisa amanah saat menjalankan tugas.

"Ya tadi alhamdulilllah sukses dan selamat," katanya.

3. Pelantikan DPRD Banten jadi ajang reuni keluarga Atut

Ratu Atut Pertimbangkan Turun Gunung Kampanyekan Airin dan AndikaIDN Times/Khaerul Anwar

Ratu Atut Chosiyah yang juga mantan Gubernur Banten itu sengaja datang untuk menyaksikan putra bungsunya, yakni Ananda Trianh Salichan, dilantik sebagai anggota DPRD Banten terpilih.

Pelantikan anggota DPRD Banten ini menjadi ajang reunian keluarga mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. Ratu Atut hadir didampingi oleh anak mantu hingga adik. Mereka adalah, Andika Hazrumy dan Andiara Aprilia Hikmat selaku anak Atut. Andika juga merupakan mantan Wakil Gubernur Banten periode 2017-2022 dan Aprilia sebagai anggota DPD RI.

Kemudian, mantu Atut Adde Rosi Khoerunnisa yang juga anggota DPR RI dapil Banten I. Kemudian, ada juga adik kandung Atut Ratu Tatu Chasanah yang kini Bupati Serang dan adik tiri Ratu Ria Maryana yang saat ini menjabat anggota DPRD Kota Serang. Ria juga hadir mendampingi suaminya, Teguh Istaal yang saat ini dilantik sebagai anggota DPRD Banten

Selain Ria ada juga adik tiri Atut yang lain yakni Tubagus Haerul Jaman. Dia merupakan anggota DPR RI Dapil Banten II.

Baca Juga: Nama-nama Dinasti Ratu Atut di Banten

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya