RSDP Serang Dan RSUD Tangerang Jadi Tempat Rujukan Pasien Corona di Banten

RS ini sudah memiliki fasilitas pelayanan sesuai standar WHO

Kota Serang, IDN Times - Pemerintah Indonesia telah menunjuk sebanyak 100 Rumah Sakit (RS) yang menjadi tempat rujukan pasien terjangkit virus corona. Ke-100 rumah sakit yang ditunjuk untuk menangani virus yang berasal dari Tiongkok tersebut diklaim telah memiliki fasilitas perawatan yang memadai.

Ke 100 rumah sakit tersebut telah dinyatakan memiliki ruang perawatan yang sesuai standar internasional.

Baca Juga: [BREAKING] 100 Rumah Sakit Isolasi Disiapkan Pemerintah untuk Corona

1. Ada dua rumah sakit rujukan pasien corona di Banten

RSDP Serang Dan RSUD Tangerang Jadi Tempat Rujukan Pasien Corona di BantenANTARA FOTO/China Daily via REUTERS

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Provinsi Banten telah menunjuk dua RS menjadi tempat rujukan untuk pasien corona. Kedua RS tersebut adalah Rumah Sakit dr. Drajat Prawiranagara (RSDP) Serang dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang.

"Iya betul kita (RSDP) telah ditunjuk menjadi tempat rujukan pasien yang terjangkit corona dan sekarang kita sedang rapat antisipasi penanganannya," kata Dirut RSDP Serang Dr. Rachmat Setiadi saat dikonfirnasi, Senin (2/3).

2. Telah memiliki fasilitas yang sesuai standar WHO

RSDP Serang Dan RSUD Tangerang Jadi Tempat Rujukan Pasien Corona di BantenIDN Times/Candra Irawan

Rachmat mengatakan, pihaknya telah menyiapkan tiga ruangan isolasi untuk pasien corona dengan dilengkapi fasilitas lain seperti alat pelayanan dan baju khusus untuk pasien dan perawat yang menangani pasien corona yang sesuai standar WHO.

"Untuk fasilitas insyallah sudah lengkap, ruangan khusus ada dan alat perlengakapan lain," katanya.

3. Pasien yang ditangani RSDP tetap akan dirujuk kembali ke RSPI Sulianti

RSDP Serang Dan RSUD Tangerang Jadi Tempat Rujukan Pasien Corona di BantenFDA.com

Meski demikian dikatakan Rachamat, untuk pelayanan pasien corona di RSDP hanya sebatas penanganan awal karena berdasarkan prosedur yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan untuk pengawasan pasien yang terjangkit virus tersebut akan dilakukan di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara. "kalau sudah pengawasan langsung dirujuk ke RS Sulianti Saroso," tuturnya.

Lanjut Rachmat, hingga saat belum ada pasien yang terjangkit virus corona yang dirawat di RSDP Serang." Disini belum ada laporan," katanya.

Untuk diketahui, pemerintah telah resmi mengumumkan ada dua orang Indonesia positif terjangkit virus Corona. Dua orang ini berinteraksi dengan WN Jepang yang sempat masuk ke wilayah Indonesia. WN Jepang itu diketahui positif virus Corona saat tiba di Malaysia.

Berikut alamat dan nomor telepon kedua rumah sakit tersebut

RSDP Serang Dan RSUD Tangerang Jadi Tempat Rujukan Pasien Corona di Bantenhttp://rsud.serangkab.go.id/

Rumah Sakit dr. Drajat Prawiranagara (RSDP) Serang berada di Jalan (Jl) Rumah Sakit Umum No.1, Kotabaru, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42112. Adapun nomor yang bisa kamu hubungi adalah (0254) 208833.  Rakit Serang itu juga bisa diakses melalui website: http://rsud.serangkab.go.id/.

Sementara itu, RSUD Kabupaten Tangerang berada di Jl Jend. Ahmad Yani No.9, Sukaasih, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15111. 

Kamu bisa menghubungi RSUD Tangerang ini di nomor: (021) 5523507 dan website:https://rsud-tangerangkab.id/

Tetap jaga kesehatan ya guys

Baca Juga: 2 WNI Kena Virus Corona, KKP Soekarno-Hatta Janji Perketat Pengawasan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya