Sekolah Tatap Muka di Kota Serang Dimulai 4 Januari 2021

Penyebaran virus corona diklaim terkendali

Serang, IDN Times - Wali Kota Serang Syafrudin memastikan kegiatan belajar-mengajar tatap muka di sekolah bagi siswa Paud/TK/SD/SMP akan dibuka 4 Januari 2021. Semua sekolah di bawah kewenangan Kota Serang akan dibuka kembali.

"Buka semua untuk diuji coba. Kesiapannya dari dindik, sudah siap," kata Syafrudin, Rabu (17/12/2020).

Baca Juga: Muncul Klaster Pilkada di Banten, Bawaslu Akan Tes Ulang Petugas

1. Penyebaran virus corona diklaim terkendali

Sekolah Tatap Muka di Kota Serang Dimulai 4 Januari 2021Ilustrasi siswa SD mengenakan masker (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

Mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup itu mengklaim penyebaran virus corona atau COVID-19 di wilayahnya sudah dapat terkendali sehingga dinilai aman untuk menggelar kegiatan belajar tatap muka.

"Tatap muka insya Allah sudah siap kemudian situasi kondisi keamanan di kota Serang alhamdulillah kondusif," katanya.

2. Belum ada rencana uji sampling penyebaran COVID-19 di sekolah

Sekolah Tatap Muka di Kota Serang Dimulai 4 Januari 2021IDN Times/Khaerul Anwar

Kendati kegiatan bajar tatap muka di Kota Serang akan digelar awal tahun depan, Dinas Pendidikan Kota Serang belum merencanakan uji sampling penyebaran virus corona di lingkungan sekolah.

Namun, penerapan protokol kesehatan saat belajar tatap muka akan diperketat. "Kita akan buat skema agar tidak terjadi kerumunan di depan sekolah pasca pembelajaran atau saat penjemputan," katanya.

3. Kota Serang masih berstatus zona oranye

Sekolah Tatap Muka di Kota Serang Dimulai 4 Januari 2021Ilustrasi pasien yang dinyatakan sembuh dari COVID-19. ANTARA FOTO/Ampelsa

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Banten per 16 Desember 2020, Kota Serang masih berstatus zona oranye dengan jumlah kasus positif corona sebanyak 950 kasus.

Rinciannya sebanyak 367 orang masih dirawat, sebanyak 559 orang sembuh dan sebanyak 24 orang meninggal dunia.

Secara total, ada 15.971 kasus terkonfirmasi yang tercatat di Banten. Dari jumlah itu, 2.339 pasien masih dirawat, 473 orang meninggal dunia. 

Di sisi lain, ada 13.159 orang di Banten yang berhasil sembuh dari infeksi virus SARS-CoV-2 itu. 

Sekolah Tatap Muka di Kota Serang Dimulai 4 Januari 2021Data COVID-19 di Banten 16 Desember 2020 (IDN Times/Dok.Satgas COVID-19 Banten)

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya