Serahkan Formulir Pendaftaran Cagub, Airin Ingin Gandeng PDIP

Golkar tak bisa maju sendiri di Pilkada Banten

Serang, IDN Times - Mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachni Diany menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon gubernur (Cagub) Banten ke kantor DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Airin mendatangi DPD PDIP Banten pada Rabu (1/5/2024) dengan mengenakan batik kuning dan kerudung merah. Kedatangan Airin itu disambut oleh jajaran pretinggi PDIP Banten mulai Ketua Bappilu PDIP Banten, Muhlis, Sekretaris PDIP Banten, Asep Rahmatullah hingga Ketua DPD PDIP Banten, Ade Sumardi.

Baca Juga: Alasan TKN Tunjuk Airin Jadi Ketua TKD Prabowo-Gibran di Banten

1. Selain serahkan formulir, Airin mengajak PDIP untuk maju bersama di Pilkada Banten

Serahkan Formulir Pendaftaran Cagub, Airin Ingin Gandeng PDIPIDN Times/Khaerul Anwar

Politisi Partai Golkar itu menyampaikan bahwa selain menyerahkan berkas pendaftaran, kedatangan dirinya juga sebagai bentuk komunikasi dengan PDIP Banten agar bisa bersama-sama di Pilkada Banten mendatang.

"Perlu ada kebersamaan dalam membagun Banten, Golkar tidak bisa sendiri,” kata Airin.

Wanita yang pernah menjabat Wali Kota Tangerang Selatan dua periode itu pun mengaku sadar bahwa Banten sebagai daerah yang luas dengan memiliki delapan kabupaten/ kota tentu penuh dengan keberagaman.

"Karena proses pemerintah daerah dijalankan bersama-sama antara gubernur dengan DPRD, PDIP punya aggotanya di sana,” katanya.

Baca Juga: Dimyati Resmi Serahkan Formulir Cagub Banten ke PDIP, PKB, dan Nasdem 

2. Pakaian yang dikenakan Airin menjadi simbol "Partai Golkar melamar PDIP"

Serahkan Formulir Pendaftaran Cagub, Airin Ingin Gandeng PDIPIDN Times/Khaerul Anwar

Saat disinggung soal pakaian yang ia gunakan--yaknI batik kuning dengan kerudung merah--Airin mengungkap, hal ini merupakan simbol dia yang ingin diusung oleh partai besutan Megawati Soekarnoputri tersebut.

"Ini simbol bahwa saya ditugaskan oleh Golkar untuk maju di sebagai Gubernur Banten untuk melakukan komunikasi dengan parpol lain, karena Golkar tidak bisa sendiri,” katanya.

3. Hasil penjaringan PDIP Banten akan diserahkan ke DPP pada 31 Mei mendatang

Serahkan Formulir Pendaftaran Cagub, Airin Ingin Gandeng PDIPIDN Times/Khaerul Anwar

Sementara itu, Ketua DPD PDIP Banten, Ade Sumardi menambahkan bahwa penjaringan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Banten akan dilakukan hingga 5 Mei mendatang. Kemudian, pada 31 Mei 2024, berkas pendaftaran para cagub yang telah menyerahkan formulir akan diserahkan ke DPP PDIP.

“Nanti ending-nya rekomendasi dari pusat," katanya.

Usai ke PDIP Banten, Airin yang juga adik ipar mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah itu pun mendatangi DPW PKB Banten untuk menyerahkan formulir pendaftaran.

Baca Juga: Golkar Juara di Banten III, Airin Raih 302.878 Suara

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya