Sidang Perdana Nikita Mirzani Akan Digelar Pekan Depan

Persidangan akan digelar secara online

Serang, IDN Times - Sidang perdana kasus pencemaran nama baik dan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan terdakwa Nikita Mirzani akan digelar pekan depan, Senin (14/11/2022).

Humas Pengadilan Negeri Serang, Uli Permana mengatakan, Ketua PN Serang Totok Sapto Indrato telah menunjuk majelis hakim yang akan memimpin jalannya persidangan.

"Sidang pertama akan digelar Senin, 14 November 2022 dengan hakim ketuanya Dedy Adi Saputra," kata Uli saat dikonfirmasi, Senin (7/11/2022).

Baca Juga: Berkas Perkara Dilimpahkan, Nikita Mirzani Segera Diadili

1. Persidangan akan digelar secara online

Sidang Perdana Nikita Mirzani Akan Digelar Pekan DepanTerdakwa artis Nikita Mirzani (tengah) menerima masker dari Jaksa Penuntut Umum saat menjalani sidang kasus penganiayaan terhadap mantan suaminya Dipo Latief dengan agenda pembacaan tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Senin (22/6/2020) (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Uli menjelaskan, proses jalannya persidangan akan terbuka secara umum sehingga dapat diawasi dan disaksikan oleh siapapun. Namun, akan dibatasi mengingat kondisi Pandemik COVID-19 belum berakhir.

Rencananya, kata Uli, persidangan pun akan dilakukan secara online. Namun, pada prosesnya bilamana ada kendala persidangan akan digelar secara offline atas kesempatan hakim, JPU dan pengacara terdakwa.

"Sementara infonya persidangan tetap online. Nanti pada saatnya kalau ada kendala kita akan sesuaikan," katanya.

2. Kejari Serang telah melimpahkan berkas dakwaan Nikita ke PN Serang

Sidang Perdana Nikita Mirzani Akan Digelar Pekan DepanIg @nikmir

Sebelumnya, Kejaksaan Negeri (Kejari) Serang melimpahkan berkas perkara artis Nikita Mirzani ke PN Serang hari ini, Senin (7/11/2022) pukul 12 siang. Selanjutnya, Nikita akan melalui proses persidangan.

Nikita terjerat dalam perkara pencemaran nama baik dan UU ITE yang dilaporkan oleh Dito Mahendra. "Sudah dilimpahka oleh Jaksa Penuntut Umum Budi Atmoko," kata Kasi Intel Kejari Serang Rezkinil Jusar saat dikonfirmasi.

3. Nasib masa penahanan Nikita ditentukan majelis hakim

Sidang Perdana Nikita Mirzani Akan Digelar Pekan DepanIDN Times/Khaerul Anwar

Sementara itu, saat ini Nikita Mirzani masih berada di tahanan rutan (Rutan) Kelas IIB Serang. Nasib perpanjangan pasca masa penahanan habis pada 13 November 2022 habis selanjutnya akan ditentukan oleh majelis hakim.

"Ketika sudah dilimpahkan habislah kewenangan JPU semua beralih ke majelis hakim termasuk apakah nanti penahanan diperpanjang atau tidak," katanya.

Baca Juga: Berangsur Pulih, Nikita Mirzani Kembali Ditahan di Rutan Serang 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya