Sinovac Bisa Digunakan Lansia, Gubernur Banten Siap Vaksinasi

Wahidin Halim sempat gagal screening karena terkendala usia

Serang, IDN Times - Tenaga kesehatan (nakes) dan pejabt publik yang berusia di atas 60 tahun, kini sudah bisa mendapat vaksin COVID-19, menyusul dikeluarkannya sertifikat vaksin Sinovac aman.

"Vaksinasi buat lansia sudah mulai kemarin. Vaksin Sinovac ini sudah terbit sertifikat keamanannya, boleh digunakan untuk usia di atas 60 Tahun. Kita sudah mulai vaksinasi kepada lansia di atas usia 60 tahun sejak kemarin," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti, Minggu (14/2/2021).

1. Gubernur Banten segera disuntik vaksin

Sinovac Bisa Digunakan Lansia, Gubernur Banten Siap VaksinasiIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Mantan Direktur Utama RSUD Kota Tangerang itu mengatakan, sertifikasi keamanan untuk masyarakat berusia di atas 60 tahun membuka peluang bagi Gubernur Banten, Wahidin Halim, bisa mendapatkan vaksin Sinovac.

Padahal sebelumnya Wahidin tidak lolos screening vaksinasi karena tak memenuhi persyaratan usia.

“Bisa vaksinasi karena di atas 60 tahun. Kapan waktunya, ya tanya ke Pak Gubernur, kan di atas 60 tahun sudah bisa vaksin semua,” katanya.

Baca Juga: 35 Ribu Tenaga Kesehatan di Banten Telah Disuntik Vaksin COVID-19 

2. Vaksinasi di Banten masih dilakukan terhadap nakes

Sinovac Bisa Digunakan Lansia, Gubernur Banten Siap VaksinasiPetugas kesehatan menunjukan vaksin saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Dikatakan Ati, progres vaksinasi masih dilakukan bagi nakes yang bertugas di garda terdepan penanganan COVID-19. Termasuk di dalamnya 453 nakes berusia di atas 60 tahun.

"Vaksinasi tahap satu untuk nakes itu ditargetkan sebesar 45.566. Sampai dengan tadi malam, capaian kita sudah 99,85 persen," katanya.

3. Vaksinasi ditarget rampung Maret 2022

Sinovac Bisa Digunakan Lansia, Gubernur Banten Siap VaksinasiANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Terkait target vaksinasi di Banten, Ati mengaku, akan rampung pada Maret 2022 mendatang hingga sebesar 70 persen dari jumlah penduduk.

"Pelaksaan vaksinasi di Banten dari tahap pertama yang dimulai akhir Januari hingga tahap empat, diharapkan selesai pada bulan Maret 2022. Tahap pertama buat nakes ini harus sudah selesai pada 10 Maret mendatang," tuturnya.

Baca Juga: Berjalan Tertutup, Vaksinasi Pertama di Banten Sempat Ricuh

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya