Tak Dapat Bansos, Warga Miskin: Petugas Desa Hanya Foto-foto Doang

Untuk makan pun serba kekurangan

Serang, IDN Times - Satu keluarga di Kampung Babakan, Desa Sindang Mandi, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten tinggal di rumah reyot, nyaris ambruk. Kondisi rumah pasangan Aminah (48) dan Amha Muhidin (58) yang berada di tengah sawah sangat memprihatinkan.

Tidak ada dinding pada rumah seluas 7 x 3 meter itu. Kain sarung dan kelambu hanya dibentangkan seadanya sebagai penutup untuk menggantikan dinding. Pasak-pasak kayu pun berdiri tak tegak di beberapa sudut rumah.

Baca Juga: Miris! Keluarga di Serang Tinggal di Gubuk Mirip Kandang Kambing 

1. Aminah tinggal bersama empat orang anak dan menantu

Tak Dapat Bansos, Warga Miskin: Petugas Desa Hanya Foto-foto DoangIDN Times/Khaerul Anwar

Di rumah semi permanen dengan luas bangunan yang tidak seberapa ini, Aminah dan Amha masih harus berbagi tempat dengan tiga orang anak dan satu orang menantunya. Ada enam orang yang menempati rumah dengan dinding bolong ini.

Tidak ada perabot maupun peralatan elektronik di rumah tersebut, untuk penerangan pun menyambung listrik ke saudaranya yang tak jauh dari rumahnya.

Kamar dan dapur rumah rusak parah, tidak ada atap yang menghalangi hujan atau teriknya panas matahari. "Kalau hujan ya kita milih tempat yang gak bocor. Itu dinding pake kain sarung, ya pada bolong," kata Aminah saat ditemui di rumahnya, Rabu, 8 Juli 2020.

2. Tidak masuk dalam penerima PKH dan bansos corona

Tak Dapat Bansos, Warga Miskin: Petugas Desa Hanya Foto-foto DoangIDN Times/Khaerul Anwar

Jangankan untuk merenovasi rumah, untuk makan pun keluarga itu masih kekurangan. Maklum saja, dari enam orang keluarga hanya Amha yang bekerja sebagai buruh harian lepas di kebun tetangga. Penghasilannya, sehari hanya cukup untuk membeli 2 sampai 3 liter beras saja.

Satu anaknya memiliki keterbelakangan mental dan dua anaknya yang lain serta menganggur meski di daerah tersebut banyak industri.

Meski keluarga ini serba kekurangan, mereka tidak masuk dalam Penerima Keluarga Harapan (PKH) dan bantuan sosial lain seperti program Jaminan Sosial Rakyat Banten Bersatu (Jamsosratu) dan bansos jaring pengaman sosial (JPS) dari Pemerintah Kabupaten Serang dan Provinsi Banten.

"Yang kerja suami doang itu juga gak cukup untuk makan cuma cukup beli beras disini kan tinggal 6 orang," katanya.

3. Berharap bantuan bedah rumah dari pemerintah daerah

Tak Dapat Bansos, Warga Miskin: Petugas Desa Hanya Foto-foto DoangIDN Times/Khaerul Anwar

Ia mengaku hingga saat ini belum pernah mendapat perhatian dari pemerintah daerah terkait kondisi rumahnya. Aminah hanya bisa berharap kepada Pemkab Serang dapat membantu pembangunan rumahnya karena kondisinya sangat membahayakan dan sewaktu-waktu bisa ambruk.

"Pernah ada pegawai desa ke sini cuma foto-foto doang sampai sekarang gak pernah dibangun," katanya.

Baca Juga: Komisi VIII DPR RI: Jangan Sampai ASN dan Anggota Dewan Terima Bansos

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya