Titik Jalur Mudik di Banten Ini Rawan Kecelakaan dan Kemacetan 

Polisi akan melakukan rekayasa lalu lintas di titik tersebut

Serang, IDN Times - Kepolisian Daerah (Polda) Banten mencatat, ada 12 titik rawan kemacetan dan kecelakaan di sepanjang jalur mudik. Hal ini berdasarkan data pemetaan yang dilakukan Direktorat Lalu lintas Polda Banten.

Wakil Kepala Polda Banten Brigjen Pol Ery Nursatari mengatakan, pihaknya akan melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan dan terjadi kecelakaan di jalur rawan tersebut.

1. Berikut daftar titik rawan kemacetan

Titik Jalur Mudik di Banten Ini Rawan Kecelakaan dan Kemacetan Ilustrasi mudik (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj)

Adapun 12 titik rawan macet di jalan arteri dari arah Jakarta menuju Pelabuhan Merak yakni di Simpang Pasar Balaraja Barat dan Pasar Gembong di Kabupaten Tangerang.

Kemudian di Simpang Tiga Asem, depan PT Nikomas, Pasar Tambak, Pasar Kragilan, Pasar Kalodran, Pasar Ciruas, simpang Kramatwatu dan Serdang di Kabupaten Serang.

Untuk di Kota Serang depan Terminal Pakupatan dan depan Mall Serang alun-alun Serang.

"Personil akan stand by di jam-jam macet. Mereka nanti akan kita jadikan pagar betis yang tugasnya pengaturan lalu lintas dan mencegah kesemrawutan lalulintas," kata Ery kepada wartawan, Selasa (19/4/2022).

2. Ini daftar titik rawan kecelakaan

Titik Jalur Mudik di Banten Ini Rawan Kecelakaan dan Kemacetan Ilustrasi kecelakaan (IDN Times/Sukma Shakti)

Sedangkan untuk titik rawan kecelakaan berdasarkan pemetaan oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Banten di Jalan Gatot Subroto, Tangerang.

Kemudian di Kampung Raab Cikande, Citerep, Kalodran, KM 7 dan 10 Kramatwatu, dan Simpang Bojonegara di Kabupaten Serang.

Untuk di wilayah Kota Cilegon di persimpangan gerbang tol Cilegon Barat dan Kecamatan Grogol.

3. Polda menerjunkan 3.178 personel untuk mengamankan mudik

Titik Jalur Mudik di Banten Ini Rawan Kecelakaan dan Kemacetan Ilustrasi mudik. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Untuk kelancaran arus mudik, lanjut Ery, pihaknya akan menerjunkan 3.178 personel gabungan dari Polda Banten, TNI, Dishub, Satpol PP, dan intansi lainnya dikerahkan.

"Sebanyak 35 pos pengamanan, lima pos pelayanan dan pos terpadu akan disiapkan untuk mensukseskan Operasi Ketupat Maung 2022," katanya.

Kemudian, sejumlah rekayasa lalu lintas akan dilakukan mencegah terjadinya kemacetan di jalur arteri dan tol menuju Pelabuhan Penyeberangan Merak.

Khusus di gerbang tol Merak, kata Roemtaat, akan diberlakukan sistem buka tutup dan mengalihkan kendaraan dari arah Jakarta keluar di Gerbang Tol Cilegon Barat.

"Jika terjadi antrean panjang (dari Pelabuhan Merak, sampai pintu Tol Merak, kita akan diberlakukan sistem buka tutup," katanya.

Baca Juga: Tak Akan Ada Penyekatan di Pelabuhan Merak Saat Mudik Lebaran

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya