Wajib PCR Juga Bakal Diterapkan di Penyeberangan Merak-Bakauhuni

Jelang nataru, calon penumpang wajib tunjukkan hasil PCR

Cilegon, IDN Times - PT ASDP Indonesia Ferry akan memperketat syarat bagi penumpang yang akan melakukan perjalanan dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni menjelang masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Calon penumpang diwajibkan tes polymerase chain reaction (PCR).

Seperti diketahui, tes PCR sejauh ini hanya diberlakukan untuk para calon penumpang pesawat udara.

Baca Juga: Asosiasi Pilot Garuda Protes Syarat Tes PCR untuk Penumpang Pesawat

1. ASDP siap mendukung kebijakan pemerintah pusat

Wajib PCR Juga Bakal Diterapkan di Penyeberangan Merak-BakauhuniIlustrasi uji swab PCR.IDN Times/GrabHealth

General Managet (GM) PT ASDP Cabang Bakauheni Hasan Lessy mengatakan, pihaknya siap menjalankan rencana kebijakan syarat PCR harus diperluas untuk moda lainnya hingga angkutan laut. 

"Kebijakan pemerintah ASDP mendukung. Dan akan kita lakukan nanti liat aja," kata Hasan saat dikonfirmasi, Selasa (26/10/2021).

2. Sejauh ini, calon penumpang wajib tunjukkan hasil tes antigen

Wajib PCR Juga Bakal Diterapkan di Penyeberangan Merak-BakauhuniIlustrasi. Foto udara kendaraan pemudik tujuan Sumatra antre memasuki kapal Roro di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (5/5/2021) dini hari. dinihari. Jelang larangan mudik pada 6 Mei 2021, Pelabuhan Merak mengoperasikan 29 kapal roro untuk melayani penyeberangan penumpang menuju Pelabuhan Bakauheni (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Namun, sementara ini, kata Hasan, pihaknya masih mensyaratkan wajib tes antigen dan vaksin bagi calon penumpang. Bagi yang baru vaksin satu kali hasil antigen berlaku 1x7 hari dan yang sudah vaksin dua kali antigen berlaku 1x14 hari sebelum pemberangkatan.

"Antigen itu berlaku juga terhadap terhadap sopir dan pembantu sopir logistik yang menyebrang via merak," katanya

3. Kebijakan PCR diperluas sempat jadi polemik di publik

Wajib PCR Juga Bakal Diterapkan di Penyeberangan Merak-BakauhuniIDN Times/Auriga Agustina

Diketahui sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan akan menerapkan wajib PCR bagi transportasi darat dan laut itu jelang Nataru. Hal ini pun menjadi polemik di sejumlah pihak.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mall di Cilegon yang Lengkap

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya