3 Badak Jawa Mati Diburu, Balai TNUK Terapkan Sistem Full Protection

Patroli pengawasan di habitat badak melibatkan TNI-Polri

Serang, IDN Times - Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) mengaku telah menerapkan full protection system atau sistem perlindungan penuh di wilayah semenanjung Ujung Kulon yang menjadi habitat badak Jawa itu. Metode full protection itu dinilai mampu menjaga badak dari pemburu liar.

"Kawasan (TNUK), daerah kantong badak dijaga sejak Januari 2024, selama 24 jam," kata Kepala Balai TNUK Ardi Andono, Rabu (24/4/2024).

Diketahui sebelumnya, tiga badak bercula satu di kawasan TNUK Kabupaten Pandeglang, tewas diburu pemburu liar. Badak yang tewas disembelih dan diambil culanya untuk dijual. Hal itu terungkap dalam dakwaan kasus satwa liar di Pengadilan Negeri Pandeglang dengan terdakwa Sunendi.

Baca Juga: 3 Badak Jawa di Ujung Kulon Mati Diburu dan Diambil Culanya

1. Jalur menuju Semenanjung ditutup untuk wisatawan

3 Badak Jawa Mati Diburu, Balai TNUK Terapkan Sistem Full ProtectionTaman Nasional Ujung Kulon (TNUK) Banten (Wikimedia.org/Muhammad Adimaja)

Tak hanya itu, pihak Balai TNUK pun sudah menutup jalur ke seluruh Semenanjung, termasuk untuk wisata. Gubuk-gubuk penjarah di wilayah Sanginag yang disinyalir digunakan pemburu dibongkar.

"Setiap jalur masuk Kawasan TNUK menjadi atensi untuk terus diawasi guna mencegah adanya aktivitas ilegal, baik perburuan maupun pembalakan," katanya.

2. Setiap patroli melibatkan TNI dan Brimob

3 Badak Jawa Mati Diburu, Balai TNUK Terapkan Sistem Full ProtectionInstagram @humaskorpsbrimob

Bahkan, untuk mempertebal pengamanan, pihak TNUK telah melibatkan personel TNI dan Brimob Polda Banten. Tim pun melakukan patroli secara rutin di Semenanjung Ujung Kulon. Hal ini dilakukan untuk mengidentifikasi setiap celah jalur masuk menuju Kawasan TNUK.

"Petugas dilatih kembali dengan sistim satu komando dan melibatkan TNI dan Brimob Polda Banten," katanya.

Baca Juga: Ada Indikasi Perburuan, Berapa Populasi Badak Jawa di TNUK

3. Balai TNUK minta pelaku dituntut hukuman tinggi

3 Badak Jawa Mati Diburu, Balai TNUK Terapkan Sistem Full Protection5 Bukti Keindahan Taman Nasional Ujung Kulon Banten (instagram.com/visitpandeglang)

Mengenai temuan kasus perburuan yang telah menewasakan tiga badak Jawa, ia berharap terdakwa dihukum dengan sebarat-beratnya.

"Karena 3 dakwaan yang tertinggi kepemilikan senjata api yg digunakan, yakni moser," katanya.

Baca Juga: Antisipasi Perburuan Badak, Kawasan TNUK Dijaga Brimob 

Khairil Anwar Photo Community Writer Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya