3 Caleg PPP yang Dukung Prabowo-Gibran di Serang Terancam Dipecat

Mereka harus patuh terhadap keputusan partai

Serang, IDN Times - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Serang bakal memberikan sanksi tegas terhadap tiga calon anggota legislatif (caleg) yang membelot mendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Ada ketentuan barang siapa terdapat melanggar ketentuan itu dapat sanksi dengan lisan, tertulis sampai pemecatan dan pencoretan," kata Ketua DPC PPP Kabupaten Serang Hartono, Kamis (25/1/2024).

Seperti diketahui, di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, PPP berkoalisi dengan PDI Perjuangan untuk mendukung Ganjar Pranowo - Mahfud MD.

Baca Juga: Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran, 2 Caleg PPP Ngaku Dijebak 

1. Caleg harus patuh terhadap keputusan partai

3 Caleg PPP yang Dukung Prabowo-Gibran di Serang Terancam DipecatIDN Times/Khaerul Anwar

Ia mengaku memaklumi sebagai pribadi mereka memiliki hak untuk menentukan pilihannya. Namun, sebagai kader dan caleg mereka terikat dengan peraturan partai yang telah menentukan sikap politik untuk mendukung pasangan nomor urut 3, Ganjar Prabowo-Mahfud MD.

"Caleg itu harus linier, diwajibkan juga mensosialisasikan memenangkan capres dan cawapres yang telah diputuskan oleh partai," katanya.

2. Ketiga caleg itu akan dipanggil

3 Caleg PPP yang Dukung Prabowo-Gibran di Serang Terancam DipecatIDN Times/Khaerul Anwar

Kendati demikian, pihaknya akan terlebih dahulu ketiga caleg tersebut untuk memberikan hak klarifikasi--termasuk mendalami motif atau alasan mereka mengalihkan suara ke capres dan cawapres lawan-- oleh tim pemeriksa internal partai.

"Ini dalam kajian matang karena kami pun ada tim pemeriksa, termasuk akan konfirmasi ke yang bersangkutan," katanya.

3. Pleno pemberian sanksi akan diputuskan DPP

3 Caleg PPP yang Dukung Prabowo-Gibran di Serang Terancam DipecatIDN Times/Khaerul Anwar

Kemudian hasil pendalaman tersebut, kata Hartono, bakal menjadi dasar DPC PPP Kabupaten Serang untuk memutuskan rekomendasi sanksi ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) hingga ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai yang berlambang ka'bah tersebut.

"Kita organisasi ada tahapan penyelesaian pemberian sanksi. Seminggu ke depan nanti akan diputuskan, DPP yang akan memberikan sanksi," katanya.

Baca Juga: Membelot, Caleg dan Simpatisan PPP di Serang Dukung Prabowo-Gibran

Khairil Anwar Photo Community Writer Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya