Ade Sumardi Tarik Pengunduran Diri Caleg Terpilih, Batal ke Pilgub?

Deklarasi Airin-Ade semula 14 Agustus pun ditunda

Serang, IDN Times - Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten, Ade Sumardi menarik kembali surat pengajuan pengunduran diri sebagai calon legislatif DPRD Banten terpilih hasil Pemilu 2024.

Padahal surat pengunduran diri tersebut sebelumnya diserahkan, mulanya sebagai syarat Ade Sumardi yang bakal maju sebagai calon Wakil Gubernur Banten mendampingi Airin Rachmi Diany.

"Betul, PDIP menarik surat pengunduran diri Pak Ade sebagai caleg terpilih," kata Komisioner KPU Banten Ali Zaenal Abidin saat dikonfirmasi, Senin (12/8/2024).

Baca Juga: PDIP: Duet Airin-Ade Bakal Deklarasi 14 Agustus 2024

1. PDI Perjuangan membantah penarikan surat itu tanda Ade batal maju di Pilgub Banten

Ade Sumardi Tarik Pengunduran Diri Caleg Terpilih, Batal ke Pilgub?IDN Times/Khaerul Anwar

Saat dikonfirmasi, apakah penarikan surat pengunduran diri itu sinyal Ade Sumardi urung akan maju di kontestasi Pilkada 2024, DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten membantah.

Sekretaris DPD PDIP Banten Asep Rahmatullah mengatakan, penarikan surat pengunduran Ade Sumardi itu tidak ada kaitannya dengan proses pencalonan sebagai calon wakil gubernur.

"Penarikan surat itu hanya pertimbangan untuk mempercepat mengisi kekosongan pada saat pelantikan DPRD provinsi pada tanggal 12 September 2024," katanya.

2. PDI Perjuangan Banten klaim masih konsisten bakal usung Airin-Ade

Ade Sumardi Tarik Pengunduran Diri Caleg Terpilih, Batal ke Pilgub?Dok. Istimewa/IDN Times

Ia mengklaim hingga saat ini partainya masih konsisten akan mengusung Airin dan Ade Sumardi di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024.

"DPP sudah memberikan surat intruksi kepada Ibu Airin dan Ade sumardi untuk terus turun ke masyarakat utk menyampaikan visi dan misi membangun Banten ke depan," katanya.

Baca Juga: Adu Kuat Andra-Dimyati Versus Airin di Pilgub Banten

3. Deklarasi Airin-Ade 14 Agustus 2024 dibatalkan

Ade Sumardi Tarik Pengunduran Diri Caleg Terpilih, Batal ke Pilgub?IDN Times/Khaerul Anwar

Kendati demikian, Asep menyampaikan rencana deklarasi Airin-Ade Sumardi sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten yang semula bakal digelar 14 Agustus 2024 dibatalkan.

"Atas dasar pertimbangan politik kami akan melakukan deklarasi menunggu momen yang pas pada waktunya, sebelum pendaftaran kami akan melakukan deklarasi," katanya.

Khairil Anwar Photo Community Writer Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya