Ade Sumardi Tegaskan Tetap Maju dengan Airin di Pilgub Banten

Ia membantah isu mundur dari pencalonan

Serang, IDN Times - Ketua DPD PDI Perjuangan Banten, Ade Sumardi membantah isu dia mengundurkan diri dari proses pencalonan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024. Ade menegaskan, akan tetap maju mendampingi bakal calon gubernur Airin Rachmi Diany.

"Saya diberi tugas oleh partai sebagai bakal calon wakil gubernur Banten berdasarkan surat penugasan nomor 2930 per tanggal 14 juni 2024. Itu langsung penugasan kepada Ibu Airin Rachmi Diany dan saya Ade Sumardi," kata Ade di kantor DPD PDIP Banten, Selasa (13/8/2024).

Baca Juga: Airin-Ade Batal Deklarasi Besok, Golkar: Rekomendasi DPP Belum Turun

1. Penarikan surat pengunduran diri caleg terpilih tak ada kaitan dengan pencalonan

Ade Sumardi Tegaskan Tetap Maju dengan Airin di Pilgub BantenIDN Times/Khaerul Anwar

Ade pun meluruskan terkait pencabutan surat pengajuan pengunduran diri sebagai calon legislatif (Caleg) DPRD Banten terpilih Itu merupakan mekanisme Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 Tahun 2024 tentang pencalonan gubernur dan wakil gubernur.

Pada pasal 14 ayat 2 PKPU tersebut disebutkan, calon kepala daerah harus membuat pernyataan secara tertulis pengunduran diri sebagai anggota DPR, anggota DPD, dan anggota DPRD sejak ditetapkan sebagai pasangan calon peserta pemilihan.

Sementara ini, ia saat ini merupakan caleg terpilih atau belum dilantik atau belum menjabat sebagai anggota DPRD Banten. "Oleh karena itu, tidak ada kewajiban harus mundur sebelum ditetapkan sebagai pasangan calon," katanya.

2. Ade menegaskan, dia tetap maju di Pilgub Banten

Ade Sumardi Tegaskan Tetap Maju dengan Airin di Pilgub BantenIDN Times/Khaerul Anwar

Oleh karena itu, isu bahwa ia mundur pada proses pencalonan tersebut adalah tidak benar. Bahkan, saat ini Ade tengah mengurus administrasi untuk syarat pendaftaran sebagai calon wakil gubernur dengan Airin selaku calon gubernur.

Sebab, isu tersebut membuat resah dan bertanya-tanya saat dia bertemu dengan masyarakat.

"Jadi isu itu tolong jangan dipelintir, karena jujur saya ini kalau dibiarkan ini jadi bias. Maka tolong sampaikan isu-isu itu tidak benar," katanya.

3. Ade optimis tetap maju bersama Airin, meski Airlangga mundur dari jabatan Ketua Umum Golkar

Ade Sumardi Tegaskan Tetap Maju dengan Airin di Pilgub BantenIDN Times/Khaerul Anwar

Kendati demikian, Ade pun enggan mengomentari mundurnya Airlangga Hartarto dari jabatan sebagai Ketua Umum Partai Golkar. Ade optimis akan tetap maju bersama Airin di Pilkada Banten.

"Kami optimis bahwa Airin-Ade Insya Allah maju di Pilgub Banten. Enggak ada kekhawatiran, optimis, tawwakaltu alallah, rakyat Banten yang jadi kekuatan kami untuk maju terus, demi rakyat Banten, kami optimis," katanya.

Baca Juga: Adu Kuat Andra-Dimyati Versus Airin di Pilgub Banten

Khairil Anwar Photo Community Writer Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya