Anggota DPR Ini Usul Tahanan Banten Direlokasi ke Pulau

DPR usul ada lapas yang dibangun di pulau

Serang, IDN Times - Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Dimyati Natakusumah mengusulkan, lembaga pemasyarakatan (lapas) di Provinsi Banten direlokasi ke pulau. Banten bisa mencontoh Lapas Nusakambangan di Cilacap, Jawa Tengah. 

Usulan dia sampaikan karena tahanan di sejumlah lapas juga rutan di Banten sudah melebihi kapasitas. Dia mengusulkan, lapas dibangun pulau-pulau yang ada di wilayah Pandeglang dan Lebak.

"Karena pulau-pulau itu banyak yang tidak digunakan," kata Dimyati saat kunjungan ke Kantor Wilayah Kemenkumham Banten, Senin (17/7/2023).

Baca Juga: Jumlahnya Turun, Tingkat Keparahan Warga Miskin Banten Naik

1. Dimyati juga menilai, rutan dan lapas di Banten sudah tak layak huni

Anggota DPR Ini Usul Tahanan Banten Direlokasi ke PulauDok. Istimewa/KejatiBanten

Selain jumlah tahanan yang melebihi kapasitas, ia menyampaikan bahwa kondisi bangunan lapas dan rutan di Banten tidak layak huni karena sempit sehingga perlu dibangun ulang dan dipindahkan ke lahan yang lebih luas.

Ia mencontohkan Rutan Kelas IIB Pandeglang yang seharusnya sudah direhabilitasi, dan jika perlu di relokasi ke lokasi baru. "Rutan Pandeglang sudah tidak layak lagi karena sempit dan tidak luas maka dilakukan rislah ke tempat lain, dan tempat itu bisa dijadikan pelebaran masjid," katanya.

2. Kapasitas rutan dan lapas di Banten 5.393 orang, kini dihuni 9.873 tahanan

Anggota DPR Ini Usul Tahanan Banten Direlokasi ke PulauDok. Istimewa/Polres Serang

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Banten Tejo Herwanto mengatakan, kondisi lapas dan rutan di wilayahnya sudah over capacity. 

Tejo mengungkap, jumlah tahanan dan warga binaan di 12 UPT pemasyarakatan per 11 Juli 2023 sebanyak 9.873 orang. Sedangkan kapasitas total pemasyarakatan itu hanya  5.393 orang. 

Untuk itu, Tejo menyambut baik adanya bantuan Komisi III DPR yang ingin memisahkan warga binaan sesuai pidananya, dan membangun lapas di pulau.

3. Kemenkumham bakal kaji usulan relokasi

Anggota DPR Ini Usul Tahanan Banten Direlokasi ke PulauIlustrasi penjara (IDN Times/Sukma Shakti)

Untuk merealisasikan itu, Tejo mengaku sudah meminta kepada Kepala Rutan Pandeglang Fadli untuk menginventarisir kebutuhan sehingga program relokasi tersebut bisa segera dilaksanakan.

"Nanti dikaji oleh pusat direktorat jenderal pemasyarakatan efektif efisien gak? Kalau memang kita diberikan tanah di luar pulau, seperti Nusakambangan," katanya.

Baca Juga: Dua Napi Teroris Lapas High Risk Nusakambangan Pilih Ikrar Setia NKRI

Khairil Anwar Photo Community Writer Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya