Banten Masuk Zona A Kampanye Terbuka Capres-Cawapres

Kampanye terbuka dimulai pada 21 Januari 2024

Serang, IDN Times - Provinsi Banten masuk dalam zona A dalam pelaksanaan kampanye terbuka pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Banten masuk zona A bersama dengan Provinsi Aceh, Riau, Bengkulu, Kep Riau, Jawa Tengah, NTT, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, Papua Pegunungan.

Baca Juga: Distribusi Logistik Pemilu, 65 TPS di Banten Masih Sulit Diakses

1. Ada tiga pembagian zonasi kampanye capres-cawapres

Banten Masuk Zona A Kampanye Terbuka Capres-CawapresDok. Istimewa/IDN Times

Ketua KPU Banten, Mohamad Ihsan mengatakan, pembagian zonasi itu ditempuh karena ada tiga pasangan capres-cawapres yang berkontestasi di Pilpres 2024. Pelaksanaan kampanye dimulai pada tanggal 21 Januari sampai dengan 10 Februari 2024.

"Pembagian zonasi ini tujuannya agar setiap pasangan capres-cawapres dapat berkampanye dalam satu waktu yang sama dengan provinsi yang berbeda-beda," kata Ihsan, Kamis (18/1/2014).

2. KPU telah menyusun jadwal kampanye terbuka

Banten Masuk Zona A Kampanye Terbuka Capres-CawapresDok. Istimewa/IDN Times

Ihsan mengatakan, penyusunan jadwal kampanye rapat umum, KPU RI telah menyusun jadwal kampanye namun sejauh ini belum mengeluarkan surat keputusan.

Ia berharap, peserta Pemilu 2024 bisa melaksanakan kampanye terbuka sesuai aturan, agar kualitas demokrasi meningkat, dengan begitu partisipasi pemilih dalam Pemilu 2024 bisa melebihi target.

"Semakin berkualitas pelaksanaan kampanye, diharapkan partisipasi pemilih juga meningkat," katanya.

3. Jadwal kampanye di Banten ikuti SK KPU RI

Banten Masuk Zona A Kampanye Terbuka Capres-CawapresDok. Istimewa/IDN Times

Ia menjelaskan penyusunan jadwal KPU Provinsi Banten dan KPU kabupaten/kota menyesuaikan dengan SK penyusunan jadwal kampanye yang masih dalam proses di KPU RI.

"Partai politik pengusung capres-cawapres mengikuti jadwal kampanye rapat umum pasangan calon. Sedangkan partai politik non pengusung disusun dengan skema tersendiri," katanya.

Baca Juga: Pemprov Banten Bakal Batasi Operasional Truk ODOL yang Meresahkan

Khairil Anwar Photo Community Writer Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya