BNN Gagalkan Penyelundupan Sabu dari Iran di Perairan Samudra Hindia  

Petugas menangkap 8 WN Iran dan menyita 309 bungkus sabu

Cilegon, IDN Times - Badan Narkotika Nasional (BNN) membongkar penyelundupan ratusan kilogram narkoba jenis sabu jaringan internasional dari Iran ke Indonesia melalui jalur perairan zona ekonomi eksklusif Samudra Hindia.

Dari pengungkapan tersebut, BNN menangkap 8 orang warga negara Iran dan 309 bungkus sabu.

"Ini hasil operasi BNN RI dengan Bea Cukai sehingga berhasil mengungkap jaringan internasional, (pelaku) ditangkap di perairan zona ekonomi eksklusif," kata Komisaris Jenderal Polisi Petrus Reinhard Golose di dermaga PT Indah Kiat Merak, Pulo Merak, Kota Cilegon, Jumat (24/2/2023).

Baca Juga: BNN: Ada 8.691 Titik Rawan Narkoba di Indonesia, 42 Ada di Banten

1. Modus penyelundupan menggunakan kapal nelayan 

BNN Gagalkan Penyelundupan Sabu dari Iran di Perairan Samudra Hindia  IDN Times/Khaerul Anwar

Golose menjelaskan, jaringan tersebut menggunakan jalur laut sebagai salah satu pintu untuk memasukkan narkotik ke Indonesia. Modus penyelundupan dengan menggunakan kapal nelayan.

Para pelaku ditangkap petugas BNN dengan Bea Cukai di tengah laut antara pulau Jawa dengan pulau Cristmas pada Rabu (22/2/2023) dini hari. "Medannya juga amat sangat berat, ombaknya bisa lebih dari 7-8 meter," katanya.

2. Aktivitas jaringan ini sudah diawasi sejak pelaku berada di perairan internasional

BNN Gagalkan Penyelundupan Sabu dari Iran di Perairan Samudra Hindia  IDN Times/Khaerul Anwar

Golose mengatakan, pengungkapan ini berdasarkan kerjasama BNN dengan intelijen internasional. Petugas pun sudah mengawasi pergerakan para pelaku sejak di perairan internasional.

Namun, orang nomor satu di BNN itu belum bisa memastikan sudah berapa kali jaringan tersbut beroperasi melalui jalur selatan. "Masih on going pemeriksaan, karena kita belum bisa langsung tau, nanti setelah mereka diperiksa," katanya.

 3. Pengungkapan pertama dari jaringan itu melalui jalur selatan 

BNN Gagalkan Penyelundupan Sabu dari Iran di Perairan Samudra Hindia  IDN Times/Khaerul Anwar

Sementara, Direktur Interdiksi Narkotika Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Syarif Hidayat mengatakan, pengungkapan ini merupakan pertama kali dilakukan Bea Cukai dari jaringan tersebut melalui Samudra Hindia.

"Ini tangkapan kami pertama selama ini untuk narkotika yang berasal dari kelompok Iran yang masuk melalui selatan," katanya.

Baca Juga: Resep Nasi Gonjleng Khas Cilegon Banten, Cocok untuk Perut Keroncongan

Khairil Anwar Photo Community Writer Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya