Bus Trans Banten Batal Direalisasikan Tahun 2024, Ini Alasannya

Warga Banten harus bersabar lagi deh~

Serang, IDN Times - Asa warga Banten bisa menikmati mode transportasi Bus Rapid Transit (BRT) Trans Banten di tahun ini harus kembali tertunda. Pasalnya, meski sudah ada kajian realisasi angkutan massal itu harus menunggu kebijakan politik dari Gubernur Banten definitif yang baru.

"Trans Banten masih didiskusikan, kajian sudah dilakukan tinggal kebijakan pimpinan (Gubernur)," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten Tri Nurtopo, Rabu (17/1/2024).

Baca Juga: Jelang Kampanye Terbuka, Polda Banten Musnahkan 1.023 Knalpot Brong

1. Realisasi BTR terkendala adanya kebijakan anggaran dari kepala daerah

Bus Trans Banten Batal Direalisasikan Tahun 2024, Ini AlasannyaIDN Times/Khaerul Anwar

Tri mengungkap, kendala realisasi proyek BTR Trans Banten ini berkaitan dengan penganggaran sehingga perlu ada kebijakan politik dari kepala daerah. Rencananya, BRT Trans Banten akan menerapkan subsidi kepada penumpang.

"Kendala, angkutan masal kemungkinan adalah subsidi, subsidi berlanjut harus ada kebijakan dulu, karena butuh sekian (anggaran)," katanya.

2. Segini kebutuhan biaya operasional yang dikeluarkan pemerintah

Bus Trans Banten Batal Direalisasikan Tahun 2024, Ini AlasannyaDok. Istimewa/IDN Times

Berdasarkan hitungan Dishub Banten, per hari, pihaknya membutuhkan Rp20 juta untuk alokasi pembiayaan operasional subsidi satu mobil bus. Sementara, pendapatan pembayaran dari penumpang akan langsung masuk ke pendapatan asli daerah (PAD) Pemprov Banten.

"Itungan (tarif) ada, negosiasi dengan pimpinan dan DPRD subsidinya berapa, hitungan awal Rp6 ribu per penumpang, tapi tidak mungkin harus negosiasi. Angkutan umum biasanya tarifnya lebih tinggi," katanya.

3. Pemprov akan memperluas jangkauan BTR hingga ke Banten Selatan

Bus Trans Banten Batal Direalisasikan Tahun 2024, Ini AlasannyaDok. Istimewa/IDN Times

Dari hasil kajian, BTR pertama di Banten itu rencananya akan dibangun di tiga koridor yakni Kota Serang, Kabupaten Serang, dan Kota Cilegon. Namun, kedepan pihaknya akan mengkonektivitaskan rote hingga Wilayah Banten Selatan.

"Rutenya masih sama, setelah operasi baru evaluasi, perkembangan. Bukan hanya wilayah Serang-Cilegon, dikonekan ke selatan dari Pandeglang-Lebak," katanya.

Baca Juga: 29 Hari Jelang Pencoblosan, 9 Caleg di Banten Meninggal Dunia  

Khairil Anwar Photo Community Writer Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya