Jalur Rawan Kemacetan dan Kecelakaan Menuju Pelabuhan Merak   

Lonjakan kendaraan diprediksi akan terjadi besok

Serang, IDN Times - Apakah kamu akan mudik di liburan akhir tahun ini? Sebaiknya, kamu mewaspadai titik-titik rawan kemacetan dan kecelakaan ya. 

Polda Banten mengidentifikasi ada sejumlah titik rawan kemacetan dan kecelakaan di jalan arteri dan jalan tol dari Tangerang hingga Merak. Titik rawan ini bakal menjadi perhatian khusus tim pengamanan pada musim mudik Natal dan Tahun Baru 2023 nanti.

1. Berikut 13 titik rawan kemacetan dan kecelakaan 

Jalur Rawan Kemacetan dan Kecelakaan Menuju Pelabuhan Merak   Dok. Istimewa/IDN Times

Berdasarkan analisis Ditlantas Polda Banten, ada tiga jalur rawan kemacetan, yaitu: Balaraja Barat, Pasar Gembong, Persimpangan Asem Cikande, depan PT Nikomas, Pasar Tambak, Pasar Kragilan, Pasar Kalodran, Pasar Ciruas, Terminal Pakupatan, Kramatwatu hingga Serdang.

Sedangkan rawan macet di Tol Tangerang - Merak berada di Gerbang Tol Cikupa, Gerbang Tol Merak, serta KM 52 hingga KM 72. Macet bisa terjadi lantaran ada pekerjaan pelebaran jalan.

Karo Ops Polda Banten, Kombes Pol Dedi Suhartono mengatakan, dalam pengamanan Nataru ini, Polda Banten mengantisipasi terjadi kemacetan yang bisa mengganggu perjalanan masyarakat yang hendak melaksanakan perayaan Natal, dan tahun baru.

"Pospam (Nataru) sudah jadi semua (untuk melakukan pengamanan jalur kendaraan). Kemudian hari ini kita laksanakan gelar pasukan, mulai 23 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023," katanya kepada wartawan, Kamis (22/12/2022).

Selain antisipasi macet, Dedi mengungkapkan pada libur Nataru ini, Polda Banten juga mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas selama kegiatan. Ada beberapa titik rawan yang harus diantisipasi pengendara.

"Di jalan tol Tangerang-Merak, daerah rawan kecelakaan di Tol KM 87 dan KM 97, Jalan Gatot Subroto, Cikande, Ciruas, Kalodran, Kramatwatu, Bojonegara hingga perempatan tol Cilegon Barat," katanya.

Baca Juga: Ini Skenario Antisipasi Kepadatan Saat Nataru di Pelabuhan Merak  

2. Lonjakan kendaraan diprediksi dimulai terjadi besok 

Jalur Rawan Kemacetan dan Kecelakaan Menuju Pelabuhan Merak   IDN Times/Khaerul Anwar

Dedi mengungkapkan Ditlantas Polda Banten telah memprediksi akan terjadi lonjakan kendaraan pada 23 - 24 Desember 2022. Sedangkan jalur wisata pada 25 Desember. Sementara arus balik diprediksi terjadi pada 31 Desember 2022.

"Kalau rest area sudah penuh ya tidak boleh masuk (antisipasi kemacetan), diteruskan, jadi tidak ada penumpukan di rest area. Rest area ada dua," ungkapnya.

3. Polisi akan melakukan rekayasa lalu lintas

Jalur Rawan Kemacetan dan Kecelakaan Menuju Pelabuhan Merak   Dok. Istimewa/IDN Times

Kemudian, Dedi menejelaskan untuk mengantisipasi membludaknya jumlah penumpang Pelabuhan Merak, Polda Banten telah menyiapkan rekayasa lalu lintas. Jika terjadi antrean kendaraan hingga keluar Pelabuhan Merak, akan diberlakukan buka tutup gate tol di Cikupa yang mengarah ke pelabuhan.

"Jumlah personel yang diterjunkan sebanyak 3,247 personel gabungan. Dari anggota Polri sebanyak 1.696, TNI sebanyak 292, serta 1.259 instansi terkait," katanya.

Baca Juga: Pemudik Diminta Beli Tiket di Luar Pelabuhan Merak

Khairil Anwar Photo Community Writer Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya