Ke TPS Meski Kelelahan, Petugas PTPS di Serang Meninggal Dunia

#GenZMemilih Daftar petugas yang meninggal, bertambah

Serang, IDN Times - Seorang petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) bernama Supardi di Kabupaten Serang meninggal dunia. Ia sempat tumbang di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Diketahui Supardi bertugas di TPS 13, Desa Cikeusal, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang, Banten.

Baca Juga: TPS 25 Kaliasin Tangerang Tetap Kondusif Meski Tenda Sempat Roboh

1. Korban sempat diminta untuk istirahat di rumah, namun dia keukeuh berangkat ke TPS

Ke TPS Meski Kelelahan, Petugas PTPS di Serang Meninggal DuniaIlustrasi petugas KPPS.(IDN Times/Khaerul Anwar

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Serang Furqon menjelaskan, sebelum kejadian nahas tersebut, Kamis (15/2/2024) sekira pukul 00.00 WIB, ia sempat mengeluh kelelahan, namun saat diminta tetap berada di rumah agar ia istirahat terlebih dahulu, korban malah menolak dan keukeuh berangkat ke TPS.

"Karena dia merasa tanggung jawab memaksakan ke TPS dan akhirnya tumbang," kata Furqon, Kamis (15/2/2024).

2. Korban sempat mendapat penanganan medis di rumah sakit

Ke TPS Meski Kelelahan, Petugas PTPS di Serang Meninggal DuniaDok. Istimewa/Bawaslu

Tak lama berada di TPS, Supardi jatuh pingsan tak sadarkan dan dilarikan ke klinik terdekat. Dari sana, dia dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSDP) dr Drajat Prawiranagara Serang. Setelah mendapat perawatan, pagi tadi Supardi dinyatakan meninggal dunia.

Dari keterangan keluarganya, korban diduga memiliki riwayat penyakit bawaan. "Kata istrinya dia punya penyakit sering muntah darah itu. Setahun ini tidak terkontrol ke rumah sakit," katanya.

Kini jenazah korban masih berada di rumah sakit dan tengah diurus oleh keluarga untuk segera dibawa ke rumah duka untuk dimakamkan.

3. Petugas di Pemilu 2024 yang meninggal, bertambah

Ke TPS Meski Kelelahan, Petugas PTPS di Serang Meninggal DuniaIlustrasi petugas KPPS.(IDN Times/Khaerul Anwar

Kasus kematian ini menambah jumlah petugas saat Pemilu 2024 yang meninggal dunia di Provinsi Banten. Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten mencatat, satu petugas KPPS di Kabupaten Tangerang, meninggal dunia.

Petugas KPPS yang meninggal dunia tersebut bernama Satriawan (44) yang bertugas di TPS 86 Kelurahan Sindang Sari, Kecamatan Pasar Kemis. Petugas itu sempat pingsan saat proses pengitungan suara.

"Turut berduka cita ada satu KPPS yang meninggal dunia di Pasar Kemis, pada saat proses penghitungan suara tanggal 14 kemarin jam 18.00 WIB," kata Komisioner KPU Banten Akhmad Subagja saat dikonfirmasi, Kamis (15/2/2024).

Baca Juga: Anggota KPPS di Banten Meninggal Saat Proses Penghitungan Suara

Khairil Anwar Photo Community Writer Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya