Maju di Pilgub, Airin Janji Dukung Pemekaran Kabupaten Baru di Banten

Airin klaim berpengalaman pimpin otonom baru di Tangsel

Serang, IDN Times - Rencana pemekaran daerah di sejumlah kabupaten di Provinsi Banten mendapat dukungan dari Airin Rachmi Diany. Bakal calon gubernur Banten ini menilai, jika moratorium pemekaran daerah dibuka, maka pemerintah provinsi perlu membantu penguatan kajian, dan membantu hingga terbentuk daerah otonom baru yang mandiri.

Hal itu, disampaikan Airin kepada wartawan usai mengikuti pemaparan visi misi bakal calon gubernur di Aula Kantor DPW PKB Provinsi Banten, Senin (20/5/2024).

“Saya sepakat, kami mekarkan kabupaten dulu. Kita punya potensi, dan kajiannya sudah ada,” kata Airin.

Baca Juga: 10 Caleg DPR RI Partai Golkar Peraih Suara Tertinggi, Airin Teratas

Baca Juga: Kanal Mookervart, Situs Infrastruktur Warisan Kolonial di Tangerang

1. Airin siap terlibat dalam pembuatan kajian sisi potensi PAD dan kemandirian fiskal

Maju di Pilgub, Airin Janji Dukung Pemekaran Kabupaten Baru di BantenIDN Times/Khaerul Anwar

Airin mengaku siap mempertajam kajian sejumlah calon daerah pemekaran baru. Kajian tersebut harus memuat penguatan sisi potensi pendapatan asli daerah hingga kemandirian fiskal.

“Kami harus yakinkan pada pemerintah pusat, pada semua bahwa daerah otonom baru nanti tidak akan menjadi beban, justru akan mendorong pembangunan daerah. Itu yang harus digarisbawahi,” katanya.

2. Airin mengaku, sudah berkomunikasi dan diskusi ke tokoh inisiator pemekeran daerah baru itu

Maju di Pilgub, Airin Janji Dukung Pemekaran Kabupaten Baru di BantenIDN Times/Khaerul Anwar

Persetujuan pemekaran daerah atau pembentukan daerah otonom baru, berada di kewenangan pemerintah pusat. Airin mengaku sudah berdiskusi dengan sejumlah tokoh yang sedang memperjuangkan daerah otonom baru.

Sejumlah daerah yang bisa dibentuk yakni Kabupaten Cilangkahan, Caringin, Cibaliung, dan bebarapa pemekaran Kabupaten Tangerang.

“Semua yang sudah ada kajian, kami semua dukung dan dorong. Kajian diperkuat dalam rangka meyakinkan kemandirian fiskal. Pemerintah provinsi harus membimbing dan mengarahkan,” katanya.

3. Airin mengklaim sudah punya pengalaman pimpin daerah otonom baru di Tangsel

Maju di Pilgub, Airin Janji Dukung Pemekaran Kabupaten Baru di BantenIDN Times/Khaerul Anwar

Mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengaku tahu perjuangan daerah otonom baru. Sebagai Wali Kota pertama Tangsel, Airin pernah berkantor di kelurahan, dan harus menguatkan fiskal daerah. Kini, Tangsel menjadi daerah mandiri dan maju secara fiskal.

“Tentu pemekaran daerah ini bermanfaat, bagaimana daerah otonom baru, seperti saya rasakan di Tangsel, bisa memperpendek jalur birokrasi, itu pasti. Tentu kami juga harus meningkatkan daya saing daerah. Yang ketiga, tujuan akhirnya adalah kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Baca Juga: Airin Ingin Borong Partai Politik di Pilkada Banten 2024

Khairil Anwar Photo Community Writer Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya