Pemprov Bakal Bangun Jalur Bus Trans Banten di Tiga Wilayah

Bakal diintegrasikan ke stasiun KA dan terminal bus

Serang, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten berencana akan membangun moda transportasi publik bus Trans Banten. Bus Rapid Transit (BRT) ini rencananya akan dibangun di tiga koridor yakni Kota Serang, Kabupaten Serang, dan Kota Cilegon. Pengoperasian BRT Trans Banten dilakukan untuk membenahi moda transportasi massal di tiga wilayah tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi Banten, Tri Murtopo, mengatakan proyek BRT Trans Banten yang telah direncanakan sejak 2020 itu sudah selesai dilakukan kajian teknis.

"Kalau sekarang sedang membahas rencana pembiayaannya," kata Tri, Rabu (25/10/2023).

1. Rencana operasional rute bus Trans Banten

Pemprov Bakal Bangun Jalur Bus Trans Banten di Tiga WilayahDok. Istimewa/IDN Times

Tri Murtopo mengatakan, koridor 1 bus Trans Banten akan dibangun mulai dari rute Perumahan Cilegon Indah (PCI), Kota Cilegon melalui Kota Serang hingga ke Cikande, Kabupaten Serang.

Selanjutnya, koridor 2 dari depan Perumahan Alamanda Trondol, Kota Serang, melalui Jalan Syekh Nawawi Al Bantani ke depan Kampus Untirta, Sindangsari, Kabupaten Serang.

Kemudian untuk koridor 3 dari Kawasan Banten Lama, Kota Serang melalui Jalan Lingkar Selatan Ciracas, ke Baros, Kabupaten Serang.

"Tahap pertama kita akan mengoperasikan bus yang kecil dahulu. Nanti sudah banyak (penggunanya) akan pakai bus besar," katanya.

2. Bakal diintegrasikan ke stasiun KA dan terminal bus

Pemprov Bakal Bangun Jalur Bus Trans Banten di Tiga WilayahDok. Istimewa/IDN Times

Selain itu, rute bus Trans Banten juga akan diintegrasikan dengan transportasi publik lainnya, seperti stasiun kereta api (KA) dan terminal bus yang melayani penumpang keluar daerah Banten.

"Untuk sementara sudah kita bangun halte yang saat ini dibutuhkan masyarakat," katanya.

3. Realisasi pembangunan masih memerlukan waktu yang panjang

Pemprov Bakal Bangun Jalur Bus Trans Banten di Tiga WilayahDok. Istimewa/IDN Times

Kendati demikian, realisasi pembangunan BRT Trans Banten tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat ini. Sebab masih perlu dibahas secara khusus berkaitan dengan kebijakan dan penganggaran. Rencananya, BRT Trans Banten akan menerapkan subsidi kepada penumpang.

"Kita terapkan sistem pembayaran cashles," jelasnya.

Khairil Anwar Photo Community Writer Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya