Pemprov Minta Kabupaten Kota Masifkan Gerakan Pangan Murah

Hal ini untuk menekan harga beras yang melambung tinggi

Serang, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menginstruksikan pemerintah daerah (pemda) kabupaten/kota di wilayahnya menggelar gerakan pangan murah secara serentak dan masif. Hal ini dilakukan untuk menekan harga beras yang saat ini melambung tinggi.

“Kami sudah mengirim surat ke kabupaten dan kota untuk mengimbau supaya gerakan pangan murah itu dimasifkan," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Banten Aan Muawanah pada Kamis (22/2/2024).

Baca Juga: Petugas KPPS yang Meninggal di Banten Jadi 10 Orang, Duh!

1. Pemprov Banten bakal menambah gerakan pasar murah menjadi 4 hari seminggu

Pemprov Minta Kabupaten Kota Masifkan Gerakan Pangan MurahDok. Pemkot Tangerang

Sejauh ini, kata Aan, Pemprov Banten telah menggelar gerakan pangan murah dua kali dalam seminggu yakni hari Selasa dan Jumat. Rencananya, mulai pekan ini akan ditambah dua hari lagi sehingga empat hari dalam seminggu.

"Sekarang ditambah lagi Selasa Kamis untuk di beberapa daerah,” katanya.

2. Harga beras diupayakan normal jelang puasa dan Idul Fitri

Pemprov Minta Kabupaten Kota Masifkan Gerakan Pangan MurahToro

Aan menilai, gerakan pangan murah perlu dimasifkan agar harga beras yang saat ini melambung tinggi bisa ditekan hingga ke harga normal kembali, terutama menjelang puasa dan Idul Fitri.

"Kami khawatir harga akan naik, tetapi kami coba upaya-upaya pemerintah itu dengan gerakan pangan murah ataupun operasi pasar,” katanya.

3. Aan mengakui produksi beras turun, tapi stok diklaim masih aman

Pemprov Minta Kabupaten Kota Masifkan Gerakan Pangan MurahDok. Istimewa/IDN Times

Kendati demikian, ia mengklaim stok beras menjelang bulan suci Ramadan ini masih aman. Masyarakat pun dia minta untuk tetap tenang dan tidak panic buying.

Ia mengaku telah mengecek dan memantau stok di pasar maupun di retail-ritel besar hingga medium, stok beras masih tersedia. 

“Pada bulan Desember dan Januari lalu, memang produksi menurun, tapi stok itu ada. Makanya masyarakat itu jangan panic buying.  Jangan merasa beras pasti habis.  Insya Allah beras ada," katanya.

Baca Juga: Pj Wali Kota Jamin Stok Beras di Kota Tangerang Aman

Khairil Anwar Photo Community Writer Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya