Pemudik Diminta Beli Tiket di Luar Pelabuhan Merak

Pembelian tiket di pelabuhan akan dibatasi

Serang, IDN Times - Pemudik saat libur Natal dan tahun baru 2023 menuju Pulau Sumatera via Merak diminta membeli tiket di buffer zone atau di luar pelabuhan. Penjualan tiket di dalam pelabuhan akan dibatasi.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan dan kemacetan parah di Pelabuhan Merak. "Intinya melarang atau membatasi pengadaan pembelian tiket di (pelabuhan) Merak," kata Kepala Dinas Perhubungan Pemprov Banten Tri Nurtopo saat dikonfirmasi, Rabu (21/12/2022).

Baca Juga: Pemkot Tangerang Keluarkan Aturan Perayaan Nataru

1. Otoritas pelabuhan menyiapkan pelayanan penjualan tiket di rest area

Pemudik Diminta Beli Tiket di Luar Pelabuhan MerakDok. Istimewa/IDN Times

Tri mengatakan, pihaknya akan menyiapkan pos pembelian tiket di rest area Km 43 di Balaraja dan KM 68 di Serang arah Merak. Pengaturan arus mobil ini dengan skema delay sistem atau penahanan akan dilakukan mulai dari Gerbang Tol Cikupa, Tangerang.

Kendaraan yang mengarah ke Merak akan dibelokkan untuk membeli tiket di Km 43 di Balaraja. Jika lolos maka kemudian akan diarahkan masuk ke rest area Km 68 Bogeg, Serang untuk membeli tiket. Ini mulai beroperasi pada 22 Desember 2022 besok.

"Jadi semua kalau bisa yang masuk ke Merak diharapkan harus sudah memiliki tiket, makanya kita lakukan pengaturan," katanya.

2. Pembelian tiket penumpang roda dua difokuskan di Hotel Mangku Putra  

Pemudik Diminta Beli Tiket di Luar Pelabuhan MerakDok. Istimewa/IDN Times

Sementara, untuk pembelian tiket untuk kendaraan roda dua akan difokuskan di Hotel Mangku Putra Merak. Pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua dari Cikuasa Atas langsung membeli tiket sehingga tidak terjadi antrean yang memicu macet panjang.

"Kita juga nanti akan siapkan satu titik lagi, tapi itu hanya dilakukan apabila ada hal-hal yang sangat mendesak atau emergency. Itu titiknya di Cikuasa Atas," katanya.

3. Kendaraan yang melintas lewat Pelabuhan Merak diprediksi meningkt 15 persen

Pemudik Diminta Beli Tiket di Luar Pelabuhan MerakDok. Istimewa/IDN Times

Tri memprediksi potensi kenaikan kendaraan yang menyeberang via Pelabuhan Merak mengalami peningkatan sebesar 15 persen dibanding tahun lalu. Hal ini bisa terjadi lantaran adanya kebijakan kelonggaran aktivitas masyarakat.

"Puncaknya dimungkinkan tanggal 23 Desember malam, dari Jumat sore puncaknya," katanya.

Baca Juga: Ini Skenario Antisipasi Kepadatan Saat Nataru di Pelabuhan Merak  

Khairil Anwar Photo Community Writer Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya