Pengangguran Banten Tertinggi, Ekraf Didorong Berinovasi

Sandi menilai Banten punya potensi pariwisata dan ekraf

Serang, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong pengembangan ekonomi kreatif di Provinsi Banten. Sandiaga menilai, tantangan terbesar Provinsi Banten adalah tingkat pengangguran terbuka (TPT) yang cukup tinggi.

"Sebentar lagi jalan tol selesai nih, KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Tanjung Lesung akan ramai, harus disiapkan sumber daya manusia ekonomi kreatifnya," katanya dalam workshop Peningkatan inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia di Kabupaten Serang, Sabtu (19/8/2023).

1. Padahal, Banten memiliki potensi pariwisata dan ekraf

Pengangguran Banten Tertinggi, Ekraf Didorong BerinovasiIDN Times/Khaerul Anwar

Menurut Sandiaga, Provinsi Banten merupakan wilayah penyangga Ibu Kota DKI Jakarta, yang memiliki potensi pariwisata dan ekonomi kreatif sangat besar. Hal ini disebut mampu menuntaskan masalah utama yakni pengangguran.

Diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Provinsi Banten menjadi wilayah dengan tingkat pengangguran tertinggi nomor satu di Indonesia. Untuk Banten, tingkat penganggurannya tercatat 7,97 persen.

"Banten ini paling dekat dengan ibu kota, tapi tantangan yang paling utama adalah angka pengangguran. Nah, kita harus berusaha menciptakan ekonomi kreatif melalui UMKM," katanya.

2. Sandi mendorong para pelaku ekraf terus berinovasi untuk menjangkau pasar luas

Pengangguran Banten Tertinggi, Ekraf Didorong BerinovasiIDN Times/Khaerul Anwar

Oleh karenanya, ia mendorong para pelaku ekonomi kreatif Banten, khususnya Kabupaten Serang, agar terus berinovasi dan berkarya, serta membangun jejaring dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas. Kabupaten Serang memiliki potensi ekonomi kreatif yang besar pada subsektor kuliner, dan kriya.

"Potensi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan usaha oleh pelaku ekraf. Kreativitas dan inovasi pelaku ekonomi kreatif dalam menjangkau pasar yang lebih luas dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini," ungkapnya.

3. Sandiaga targetkan 4,4 juta lapangan kerja baru di bidang usaha ekraf

Pengangguran Banten Tertinggi, Ekraf Didorong BerinovasiIDN Times/Khaerul Anwar

Sandi menilai Kabupaten Serang bisa menopang dari sisi konsumsi Ibu Kota Jakarta. Jika omset para pelaku ekonomi kreatif meningkat, lanjut Sandi, dapat membuka peluang usaha dan lapangan kerja baru di Provinsi Banten.

"Tingkat penggangguran tergolong tinggi di Banten. Keberpihakan kita terhadap ekosistem ekraf kita harapkan bisa menciptakan lapangan kerja. Targetnya tahun 2024 ada 4,4 juta lapangan kerja baru," katanya.

Khairil Anwar Photo Community Writer Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya