Penyebab Lulusan SMK Terbanyak Sumbang Pengangguran

Pemprov tengah memetakan jurusan agar berbentuk vokasi

Serang, IDN Times - Penyumbang angka pengangguran di Banten berasal dari lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Data Badan Pusat Statistik (BPS) Banten, tingkat pengangguran terbuka (TPT) dari tamatan SMK merupakan yang paling tinggi dibandingkan tamatan jenjang pendidikan lainnya, yaitu sebesar 11,91 persen.

Pj Gubernur Banten Al Muktabar mengungkap alasan lulusan SMK masih menjadi penyumbang angka pengangguran terbanyak, lantaran jurusan yang ada di SMK belum sesuai dengan kebutuhan pasar.

Baca Juga: Banten Kembali Tempati Ranking Satu Pengangguran Terbanyak

Baca Juga: Banten Ranking 1 Soal Pengangguran, Sekda Banten Ragukan Data BPS

1. Kualifikasi lulusan belum sesuai dengan kebutuhan dunia usaha

Penyebab Lulusan SMK Terbanyak Sumbang PengangguranIDN Times/Khaerul Anwar

Menurut Al Muktabar, belum sesuainya kualifikasi lulusan SMK dengan kebutuhan dunia usaha menyebabkan penyerapan lulusannya pun ikut terbatas.

"Kita mencita-citakan sekolah kejuruan untuk kecepatan mencapai pasar kerja. Ada beberapa jurusan nya masih belum relevan dengan pasaran kerja yang ada," kata Al Muktabar, Rabu (15/11/2023).

2. Pemprov tengah memetakan jurusan agar berbentuk vokasi

Penyebab Lulusan SMK Terbanyak Sumbang PengangguranDok. Istimewa/IDN Times

Al Muktabar mengatakan, keahlian hingga ketidaksesuaian antara keahlian dan kebutuhan dunia usaha dan industri salah satu pekerjaan rumah yang harus dituntaskan.

"SMK sedang kita petakan untuk bisa berbentuk vokasi-vokasi yang sesuai. Jadi ada beberapa yang perlu disesuaikan dari persepktif jurusannya," katanya.

3. Kerja sama dengan balai latihan untuk memberikan latihan kerja

Penyebab Lulusan SMK Terbanyak Sumbang PengangguranIDN Times/Khaerul Anwar

Namun, dalam jangka pendek Pemprov Banten akan memaksimalkan balai latihan kerja untuk memberikan pelatihan. Nantinya, kata Al Muktabar, para pencari kerja akan mendapatkan sertifikasi sesuai dengan kebutuhan pasar industri saat ini.

"Kan tidak mungkin di ulang lagi sekolah dari awal. Ikutilah program setifiksi, kita punya banyak balai latihan kerja. Jadi itu jembatan penyambungnya agar sesuai kebutuhan para para pencari (perusahaan)," katanya.

Baca Juga: Pemprov Banten Akan Tawarkan Saham Bank Banten ke Kabupaten/Kota

Khairil Anwar Photo Community Writer Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya