Putusan MK, Demokrat dan PKS Tetap Dukung Andra-Dimyati di Banten

Kedua partai ini ngaku tak akan keluar dari koalisi

Serang, IDN Times - Partai Demokrat dan PKS mengaku tidak akan keluar dari Koalisi Banten Maju yang mengusung Andra Soni - Achmad Dimyati Natakusumah di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten, meski Mahkamah Konstitusi (MK) telah mengubah ambang batas pencalonan kepala daerah.

Berdasarkan aturan yang baru diputuskan MK, kedua partai ini bisa mengusung jagoannya sendiri tanpa berkoalisi dengan partai lain.

Partai Demokrat sendiri memperoleh 587.620 suara dan PKS memperoleh 735.075 suara. Perolehan suara itu membuat Demokrat mendapatkan 11 kursi dan PKS 13 kursi dari total 100 kursi di DPRD Banten.

Baca Juga: Arief Wismansyah: Putusan MK Sesuai Suara Rakyat 

Baca Juga: Soal Putusan MK, Presiden PKS Pastikan Tetap Dukung RK di DKI

1. Demokrat mengaku tetap komitmen mendukung Andra-Dimyati

Putusan MK, Demokrat dan PKS Tetap Dukung Andra-Dimyati di BantenIDN Times/Khaerul Anwar

Sektetaris Demokrat Banten Eko Susilo mengatakan, saat ini partainya telah menjalin komitmen dengan partai yang tergabung dengan Koalisi Banten Maju mendukung Andra-Dimyati di Pilgub Banten. Sehingga, kata dia, tidak mungkin partainya mencederai komitmen yang telah dibuat bersama tersebut.

"Meskipun kami bisa mengusung sendiri, tapi kami sudah menjalin komitmen dengan partai lain untuk mencalonkan Andra-Dimyati, kecuali ini (putusam MK) muncul sebelum kita," kata Eko, Selasa (21/8/2024).

Baca Juga: [Wansus] Andra Soni: Dekat Jakarta, Banten Masih Tertinggal

2. Keputusan ini berlaku terbadap calon kepala daerah di kabupaten kota

Putusan MK, Demokrat dan PKS Tetap Dukung Andra-Dimyati di BantenDok. Istimewa/Demokrat

Keputusan ini pun, kata dia, berlaku terhadap calon kepala daerah yang telah mendapat rekomendasi dukungan dari Demokrat di Pilkada kabupaten kota di Provinsi Banten.

"Untuk seluruh Pilkada di Banten sudah punya komitmen kita tidak mungkin keluar, harus mengedepankan etika terutama," katanya.

Baca Juga: Daftar Calon Kepala Daerah Banten yang Diusung PAN, Ada Andra Soni

3. PKS akan tetap jalan bareng dengan Koalisi Banten Maju

Putusan MK, Demokrat dan PKS Tetap Dukung Andra-Dimyati di BantenIDN Times/Khaerul Anwar

Senada dengan Sekretaris Demokrat Banten, Ketua DPW PKS Banten Gembong R Sumedi mengatakan, partainya tidak akan menarik dukungan terhadap Andra - Dimyati di Pilgub Banten. Bahkan, kata dia, PKS telah menyampaikan ke partai yang tergabung Koalisi Banten Maju akan tetap berbarengan dalam kontestasi Pilkada Banten.

Ia menilai terlalu beresiko jika kembali mengutak-atik dukungan calon kepala daerah.

"Kami enggak mau mengambil langkah-langkah keuntungan PKS sendiri, kami koalisi ada etika yang kami jalankan," katanya.

Untuk diketahui hingga saat ini baru pasangan Andra Soni - Dimyati yang sudah memiliki tiket maju di Pilgub Banten. Berikut partai yang telah mendukung mereka, yakni Partai Gerindra, PKS, Demokrat, NasDem, PKB, PAN, PPP, PSI, Garuda dan Prima. 

Baca Juga: PDIP Bisa Buat Poros Baru Calonkan Jagoan Sendiri di Pilgub Banten

Khairil Anwar Photo Community Writer Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya