Sempat Ditutup 7 Jam, Rute Pelayaran Merak-Bakauhuni Kembali Dibuka

Penumpang diimbau tetap waspada

Serang, IDN Times - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) kembali membuka rute pelayaran Pelabuhan Merak-Bakauhuni, Jumat (23/12/2022). Sebelumnya, rute ini sempat ditutup karena cuaca buruk. 

Penghentian operasional pelayaran di seluruh dermaga di Pelabuhan Merak itu sempat mengakibatkan penumpukan dan kemacetan total di dermaga hingga jalan tol menuju Merak.

Baca Juga: Pelayaran Merak-Bakauhuni Ditutup Sementara Karena Cuaca Buruk

1. Penyeberangan Merak-Bakauhuni lumpuh sekitar 7 jam

Sempat Ditutup 7 Jam, Rute Pelayaran Merak-Bakauhuni Kembali DibukaDok. Istimewa/Ivan

Operasional penyeberangan kembali dibuka pada Jumat (23/12/2022) pukul 01.00 WIB dini hari setelah ditutup sementara sejak pukul 19.00 WIB.

Izat, salah satu pengguna jasa penyeberangan, mengatakan bahwa kini penyeberangan sudah kembali normal menyusul cuaca yang mulai kondusif. Kendati demikian, penutupan operasional tersebut membuat perjalanan mudiknya dari Jakarta menuju Pekanbaru terganggu.

"Alhamdulillah setelah menunggu hingga hampir 7 jam lebih ditundanya pengoperasian penyeberangan kapal karena cuaca yang ekstrem kini telah kembali dibuka sehingga bisa masuk ke dalam kapal," kata Izat saat dikonfirmasi,

2. Pantau kondisi cuaca, PT ASDP terus berkoordinasi dengan BMKG

Sempat Ditutup 7 Jam, Rute Pelayaran Merak-Bakauhuni Kembali DibukaDok. Istimewa/IDN Times

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin mengungkap, curah hujan di Desember umumnya meningkat dan berdampak terjadinya gelombang tinggi dan angin kencang di sejumlah lintasan penyeberangan.

ASDP terus berkoordinasi secara intensif khususnya dengan BMKG, kepolisian/TNI, dan otoritas pelabuhan setiap kali sebelum kapal feri melakukan pelayaran agar perjalanannya aman dan lancar sampai tujuan.

"Manajemen secara aktif dan berkelanjutan menyampaikan informasi kepada pengguna jasa jika terdapat keterlambatan pelayanan yang timbul dikarenakan cuaca ekstrem," katanya.

3. Penumpang diminta tetap waspada saat menyeberang

Sempat Ditutup 7 Jam, Rute Pelayaran Merak-Bakauhuni Kembali DibukaDok. Istimewa/IDN Times

Dia mengimbau kepada seluruh pengguna jasa kapal feri --khususnya lintasan tersibuk yakni Merak - Bakauheni--agar tetap berhati-hati dan waspada. 

"Mewaspadai cuaca buruk, dan pastikan kondisi stamina dan kendaraan agar tetap sehat dan prima," katanya.

Baca Juga: Jalur Rawan Kemacetan dan Kecelakaan Menuju Pelabuhan Merak   

Khairil Anwar Photo Community Writer Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya