Selama April-Mei, 40 lebih Penumpang Bandara Soetta Positif COVID-19

Semua penumpang itu sudah dilarikan ke RSD Wisma Atlet

Tangerang, IDN Times - Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Internasional Soekarno-Hatta Anas Maruf mengungkapkan, sejak April hingga Mei 2020 terdapat lebih dari 40 penumpang yang terindikasi positif virus corona atau COVID-19.

“Sebelum itu juga ada lebih dari 40 penumpang setelah melalui tes cepat, positif COVID-19 dari April hingga Mei,” kata Anas seperti dilansir Antara, Jumat (8/5).

Baca Juga: Bandara Soetta Beroperasi Lagi, Langsung Ada 11 Kasus Positif COVID-19

1. Setiap hari KKP Bandara Soetta screening COVID-19 pada 600-1.000 penumpang

Selama April-Mei, 40 lebih Penumpang Bandara Soetta Positif COVID-19Ilustrasi Secure Bag di Bandara Soekarno-Hatta (Dok. Istimewa)

Anas menyebutkan, setiap hari KKP melakukan screening terhadap 600-1.000 penumpang melalui pengecekan suhu, tes cepat, hingga wawancara, terlebih untuk penumpang pesawat sewa seperti anak buah kapal (ABK) kapal asing atau warga negara asing (WNA).

Sebelumnya pada Kamis (7/5) malam, Anas menuturkan, 11 eks ABK dari Italia positif terjangkit COVID-19. Hal ini diketahui melalui rangkaian tes cepat (rapid test) yang dilakukan di bandara.

Mantan ABK kapal pesiar tersebut menaiki pesawat carter asal Italia, Neos, dengan nomor penerbangan NO 370.

2. Semua penumpang yang positif COVID-19 sudah dibawa ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet

Selama April-Mei, 40 lebih Penumpang Bandara Soetta Positif COVID-19ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Anas mengatakan, baik 40 penumpang maupun 11 penumpang yang positif COVID-19 itu telah dilarikan ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet untuk penanganan lebih lanjut.

Guna memperketat pengawasan kesehatan ke depannya, lanjut Anas, seluruh penumpang baik domestik maupun internasional wajib menyertakan surat sehat dari fasilitas kesehatan sebelum terbang.

“Kalau untuk di penerbangan internasional mulai hari ini sudah berlaku protokol kesehatan yang baru untuk kedatangan internasional. Kalau untuk domestik sama, salah satu syarat surat keterangan sehat dari fasilitas kesehatan. Kalau mereka gak punya itu, gak berangkat,” dia menegaskan.

3. Kru pesawat juga harus menyertakan surat keterangan sehat dan bebas COVID-19

Selama April-Mei, 40 lebih Penumpang Bandara Soetta Positif COVID-19Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 gelar rapid test massal di Bandara Soekarno Hatta (Dok. Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19)

Selain itu, kru pesawat juga harus dipastikan sehat dengan menyertakan surat keterangan sehat dan bebas COVID-19, agar tidak menimbulkan risiko menularkan ke penumpang.

Menurut Anas, hal itu merujuk pada Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19, Surat Edaran Nomor 19 Tahun 2020 dan Permenhub Nomor 25 Tahun 2020.

Baca Juga: Tiba di Bandara Soetta, 300 ABK Kapal Pesiar AS Jalani Rapid Test

Topik:

  • Sunariyah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya