109 Jemaah Haji Asal Tanah Air Diangkut Garuda Indonesia

Ada 14 pesawat yang disiapkan Garuda Indonesia

Tangerang, IDN Times - Maskapai Garuda Indonesia bakal mengangkut 109 calon jemaah haji menuju tanah suci pada musim haji mendatang. Mayoritasnya berusia lanjut dengan 20 persen berusia di atas 65 tahun.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan, pada musim haji 2024 ini, pihaknya masih fokus pada pelayanan penerbangan ramah lansia.

"Artinya, kami akan melakukan segala macam upaya untuk memastikan bahwa seluruh jemaah haji yang terbang dengan Garuda Indonesia itu akan dilayani sebaik-baiknya, sehingga penerbangan menuju tanah suci bisa berlangsung dengan lancar," kata Irfan di Hangar GMF Aeroasia, Rabu (8/5/2024).

Baca Juga: 61 WNA Dideportasi Imigrasi Bandara Soetta

1. Penerbangan pertama akan dilakukan pada 12 Mei 2024

109 Jemaah Haji Asal Tanah Air Diangkut Garuda IndonesiaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Penerbangan pertama yang mengangkut jemaah haji ini bakal dimulai pada 12 Mei 2024 dini hari, melalui embarkasi Jakarta dan Solo. Pihaknya pun tengah mempersiapkan armadanya agar siap mengangkut calon jemaah haji.

"Jadi dari Garuda Indonesia itu ada 9 embarkasi Jakarta, Solo, Lombok, Makassar, Banjarmasin, Balikpapan, Banda Aceh, Medan dan Padang," jelasnya. 

2. Ada total 14 armada yang disiapkan Garuda

109 Jemaah Haji Asal Tanah Air Diangkut Garuda IndonesiaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Irfan menjelaskan, terdapat total 14 armada yang disiapkan untuk mengangkut calon jemaah haji, di mana 8 diantaranya merupakan pesawat sewa.

"Selain itu, kami siapkan 1 pesawat Airbus sebagai pesawat cadangan bila ada situasi yang diperlukan untuk mempergunakan pesawat tersebut. Jadi kami akan memastikan penerbangan jamaah haji ini bisa berjalan dengan lancar," ungkapnya.

Baca Juga: 20 Persen Jemaah Haji Asal Kabupaten Tangerang Berusia Lanjut

3. Kepulangan juga akan dilakukan dari dua embarkasi

109 Jemaah Haji Asal Tanah Air Diangkut Garuda IndonesiaJamaah haji 2024 asal Banjarmasin.

Sementara itu, untuk kepulangan para jemaah haji bakal dilakukan dari dua embarkasi yakni Madinah dan Jeddah sesuai aturan dari Kementerian Agama RI.

"Yang penting mereka bisa menjalankan ibadah haji sesuai yg direncanakan dengan suasana gembira dan penuh kesehatan," tuturnya.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya