11.200 Nakes Jadi Target Vaksinasi Dosis Ketiga

Ditargetkan akhir Agustus 2021 rampung

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Sebanyak 11.200 tenaga kesehatan (nakes) di Kota Tangerang ditargetkan akan mendapat vaksinasi COVID-19 booster dosis ketiga. Nakes tersebut yang bertugas di puskesmas dan rumah sakit yang menangani COVID-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang Hendra Tarmizi mengungkapkan, proses vaksinasi saat ini tengah dilaksanakan secara bertahap.

"Vaksin mencukupi, tapi proses penyuntikan masih berlangsung," ujar Hendra, Rabu (11/8/2021).

Baca Juga: Akademisi: Anggota DPRD Kota Tangerang Harus Cek Kesehatan Jiwa

1. Baru 10 persen nakes yang disuntik vaksin booster

11.200 Nakes Jadi Target Vaksinasi Dosis Ketigahttps://www.cnbc.com

Hendra memaparkan, capaian vaksinasi dosis ketiga untuk nakes di Kabupaten Tangerang baru mencapai 10 persen. Adapun vaksin yang digunakan sebagai booster ini adalah vaksin Moderna.

"Kami sudah melakukan vaksinasi dosis 3 bagi nakes sejak pekan pertama Agustus. Untuk tenaga kesehatan di Kabupaten Tangerang sekitar 11.200 orang," ucap Hendra.

2. Paling lambat akhir Agustus 2021, penyuntikan rampung

11.200 Nakes Jadi Target Vaksinasi Dosis KetigaIlustrasi perawat yang kelelahan setelah memberikan pelayanan kepada positif COVID-19 (IDN Times/Ervan)

Hendra mengatakan, pemberian vaksin dosis 3 selambat-lambatnya dapat dituntaskan akhir Agustus 2021. Target itu diyakini dapat tercapai karena penyuntikan hanya menyasar para nakes.

"Sebulan harus selesai karena vaksin itu tahannya cuma sebulan. Karena vaksinnya itu harus disimpan di bawah 70 derajat Celsius. Ini kan gampang, cuma tenaga kesehatan, (karena) memang sudah ada di puskesmas dan rumah sakit," terang dia.

3. Masa berlaku vaksin hanya 1 bulan

11.200 Nakes Jadi Target Vaksinasi Dosis KetigaNakes saat memeriksa kesehatan pasien positif di Rusunawa Penajam (IDN Times/Ervan)

Hendra menuturkan, vaksin Moderna yang diberikan Pemerintah Pusat hanya memiliki waktu kadaluarsa selama satu bulan.

"Makanya targetnya bulan ini rampung," kata dia. 

Baca Juga: 354 Ribu Lebih Warga Kota Tangerang Sudah Vaksinasi COVID-19 Lengkap!

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya