20.157 Siswa Tangerang Dapat Makan Bergizi Gratis

20 sekolah jadi sasaran percontohan program ini

Tangerang, IDN Times - Sebanyak 20.157 siswa di Kota Tangerang menjadi sasaran untuk pilot project atau proyek percontohan Program Makan Bergizi Gratis (MBG) yang akan dilaksanakan pada 5-9 Agustus 2024 mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang, Herman Suwarman menuturkan, Pemkot Tangerang telah melakukan berbagai kesiapan untuk melaksanakan hal tersebut.

"Berdasarkan hasil rapat persiapan terkini, Pemkot Tangerang akan merealisasikan program MBG tersebut dengan menyasar 20.157 siswa di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) yang tersebar di Kota Tangerang," ujar Herman.

1. Pemkot Tangerang juga melakukan persiapan teknis untuk melaksanakan MBG

20.157 Siswa Tangerang Dapat Makan Bergizi GratisIlustrasi anak ditemani orangtua di sekolah (instagram.com/guru_esdeh)

Herman menuturkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk melaksanakan proyek percontohan ini. Khususnya, terkait kesiapan teknis di lapangan.

“Kami berkomitmen menyukseskan proyek percontohan ini, berbagai persiapan mulai dilaksanakan, mulai dari mekanisme penganggaran, pelaksanaan, pendistribusian, sampai uji coba sebelum direalisasikan awal bulan Agustus nanti sesuai dengan lini masa yang telah ditentukan,” ujar Herman.

2. Total ada 20 sekolah bakal terlibat dalam proyek percontohan ini

20.157 Siswa Tangerang Dapat Makan Bergizi Gratisilustrasi makan (pexels.com/Katerina Holmes)

Pada proyek percontohan tersebut, bakal ada 20 sekolah sebagai lokus realisasi program tersebut yang akan terlibat. Di mana, sekolah bakal mempersiapkan mekanisme teknis di lapangan.

“Kami berharap semuanya, proses realisasi pilot project di Kota Tangerang dapat berjalan secara lancar, serta mampu diadopsi secara nasional,” pungkasnya.

3. Kota Tangerang dan Cilegon ditunjuk langsung jadi pilot project MBG

20.157 Siswa Tangerang Dapat Makan Bergizi Gratisilustrasi bekal makanan (pexels.com/katerina-holmes)

Diketahui sebelumnya, Kota Tangerang bersama Kota Cilegon dipilih langsung oleh Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) sebagai Pilot Project Program MBG. Untuk itu, PJ Wali Kota Tangerang, Nurdin, menuturkan, Pemkot Tangerang akan berupaya untuk memastikan agar Pilot Project tersebut dapat berjalan dengan optimal di Kota Tangerang.

"Mengingat pentingnya program percontohan ini, Pemkot Tangerang juga akan melakukan uji coba di salah satu sekolah satu hari sebelum pelaksanaan program MBG pada Agustus nanti," ujar Nurdin.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya