3.296 Personel Siaga di Bandara Soetta Untuk Jemaah Haji

Ada 128 kloter calon jemaah haji yang berangkat dari Soetta

Tangerang, IDN Times - Sebanyak 3.296 personel gabungan disiagakan pengelola Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) selama musim haji 2024. Ribuan petugas tersebut disiagakan untuk memastikan kelancaran proses keberangkatan para calon jemaah haji melalui bandara tersebut.

Senior Manager of Branch Communication & Legal, M Holik Muardi, mengatakan dengan persiapan yang matang dan penerapan standar tinggi dalam fasilitas dan pelayanan, Bandara Soekarno-Hatta berkomitmen untuk menyediakan lingkungan yang aman, nyaman, dan teratur bagi para jamaah haji.

"Kami menyadari pentingnya perjalanan ini bagi para jamaah haji dan kami bertekad untuk menjadikan pengalaman mereka di bandara ini sebagai bagian yang mulia dan tak terlupakan dari perjalanan spiritual mereka menuju Tanah Suci,” ujar Holik, Kamis (9/5/2024).

1. Bandara Soetta juga siapkan fast track untuk calon jemaah haji

3.296 Personel Siaga di Bandara Soetta Untuk Jemaah HajiDok. Bandara Soetta

Selain itu, pengelola juga menyiapkan berbagai fasilitas untuk para calon jemaah haji yang melakukan penerbangan ke Makkah pada 12 Mei hingga Juni 2024, dan kepulangan 22 Juni hingga 22 Juli 2024. Satu di antaranya menyediakan 12 konter fast track keimigrasian Arab Saudi (Makkah Route) di Terminal 2D.

"Melalui Makkah Route, para jemaah haji dapat melakukan pendaftaran dan verifikasi dokumen secara terpusat di Bandara Soekarno-Hatta. Sehingga hal tersebut akan membantu dan mengurangi waktu yang diperlukan untuk proses administrasi jemaah haji," jelasnya.

Berbagai sarana fasilitas lainnya juga telah ditambahkan, seperti kursi pada ruang tunggu, penyediaan tempat ibadah (musala), hingga penambahan toilet portable.

2. Ada 128 kloter yang terbang melalui Bandara Soetta

3.296 Personel Siaga di Bandara Soetta Untuk Jemaah HajiPelayanan terhadap jemaah haji lansia di Bandara Lombok. (dok. Istimewa)

Pada tahun ini, Bandara Soetta menjadi titik keberangkatan untuk 128 kloter dari DKI Jakarta, Banten, Lampung, dan Jabar di Embarkasi Asrama Haji Pondok Gede dan Bekasi dengan total 53.621 calon jemaah haji. Pihaknya terus berkoordinasi dengan Kementerian Agama, otoritas terkait, maskapai penerbangan, dan pihak berwenang lainnya untuk memastikan kelancaran dan keselamatan perjalanan haji.

"Melalui koordinasi yang intensif, kami berupaya untuk memastikan bahwa setiap aspek perjalanan haji, mulai dari pendaftaran hingga kedatangan di Tanah Suci, berjalan dengan lancar dan efisien. Kerjasama ini merupakan bentuk komitmen kami sebagai pengelola bandara untuk menyediakan pelayanan terbaik bagi para jemaah haji dan memastikan keselamatan serta kenyamanan mereka selama proses keberangakatan ke Tanah Suci,” tuturnya.

3. Garuda Indonesia juga melayani 109 ribu calon jemaah haji

3.296 Personel Siaga di Bandara Soetta Untuk Jemaah HajiIlustrasi pemberangkatan jemaah haji NTB tahun 2023 di Bandara Lombok. (dok. Istimewa)

Maskapai Garuda Indonesia bakal mengangkut 109 calon jemaah haji menuju Tanah Suci pada musim haji mendatang. Mayoritasnya berusia lanjut dengan 20 persen berusia di atas 65 tahun.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan, pada musim haji 2024 ini, pihaknya masih fokus pada pelayanan penerbangan ramah lansia.

"Artinya, kami akan melakukan segala macam upaya untuk memastikan bahwa seluruh jemaah haji yang terbang dengan Garuda Indonesia itu akan dilayani sebaik-baiknya, sehingga penerbangan menuju tanah suci bisa berlangsung dengan lancar," kata Irfan di Hangar GMF Aeroasia, Rabu (8/5/2024).

Irfan menjelaskan, total 14 armada yang disiapkan untuk mengangkut calon jemaah haji, di mana 8 armada di antaranya merupakan pesawat sewa.

"Selain itu, kami siapkan satu pesawat airbus sebagai pesawat cadangan bila ada situasi yang diperlukan untuk mempergunakan pesawat tersebut. Jadi kami akan memastikan penerbangan jamaah haji ini bisa berjalan dengan lancar," ungkapnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya