300 Guru BK di Kota Tangerang Dilatih Materi Antikorupsi

Wah, bakalan ada kurikulum antikorupsi nih di sekolah

Tangerang, IDN Times - Sebanyak 300 guru bimbingan konseling (BK) di Kota Tangerang mendapatkan pelatihan mengenai materi antikorupsi. Nantinya, mereka bakal memberikan materi antikorupsi tersebut ke anak-anak sekolah di tempat mereka mengajar.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, mengatakan Kota Tangerang memiliki 5 master penyuluhan antikorupsi, di mana pertama terdapat di inspektorat, lalu diturunkan kembali ke sekolah-sekolah.

"Kita berharap guru-guru BK ini bisa melaksanakan integritas antikorupsi, nanti diberikan tugas kepada anak-anaknya melibatkan orangtuanya, jadi warga Kota Tangerang bisa dapat pemahaman dan pendidikan bagaimana mencegah korupsi di kota Tangerang," kata Arief di Car Free Day Kota Tangerang, Minggu (11/6/2023).

1. Bakal ada kurikulum khusus antikorupsi di sekolah-sekolah

300 Guru BK di Kota Tangerang Dilatih Materi AntikorupsiIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Arief mengungkapkan, nantinya bakal ada kurikulum khusus antikorupsi di sekolah-sekolah. Pengajarnya adalah guru BK di sekolah tersebut.

"Mereka yang ngajar khusus ke anak-anak, mereka yang mengajarkan materi khusus, jadi akan ada kurikulum antikorupsi di sekolah-sekolah," ungkapnya.

2. Sebagai upaya wujudkan Kota berintegritas

300 Guru BK di Kota Tangerang Dilatih Materi AntikorupsiIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Arief menjelaskan, adanya pembelajaran antikorupsi hingga ke sekolah-sekolah untuk mengenalkan sedari dini terkait bahaya laten korupsi dan dampak buruknya. Selain itu, diberikan pula edukasi apa saja yang termasuk dalam perilaku korupsi sejak di bangku sekolah.

"Karena tentunya ini bagian dari arahan, bimbingan KPK juga agar masyarakat lebih teredukasi bagaimana masyarakat bisa mewujudkan kota yang berintegritas," jelasnya.

3. Mayoritas pelayanan di Kota Tangerang memakai aplikasi Tangerang LIVE

300 Guru BK di Kota Tangerang Dilatih Materi AntikorupsiIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Untuk menghindari adanya perilaku korupsi di lingkungannya, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang saat ini telah menerapkan pelayanan secara daring di mayoritas pelayanan masyarakat, seperti perizinan, kependudukan, kesehatan, pendidikan, bahkan hingga ke instansi vertikal seperti Kejaksaan Negeri, Pengadilan Agama, Kehakiman, dan sebagainya.

"Bisa memanfaatkan aplikasi super app Tangerang LIVE kaitan pelayanan Pemkot Tangerang dan di semua instansi vertikal yang sudah melakukan pelayanan tidak hanya WBK tapi juga WBBM. Ini mudah-mudahan memotivasi instansi yang ada di Kota Tangerang untuk terus melayani masyarakat yang ada di Kota Tangerang dengan baik," tuturnya.

4. Terdapat juga roadshow bus antikorupsi KPK

300 Guru BK di Kota Tangerang Dilatih Materi AntikorupsiIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Dalam area Car Free Day di Tugu Adipura Jalan Veteran, Kota Tangerang, tersebut pengukuhan ratusan guru BK juga disaksikan oleh Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, dan para guru dikukuhkan sebagai guru berintegritas.

Makanya, selain ada pengukuhan tersebut, dalam car free day tersebut hadir juga roadshow bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bus berwarna biru tersebut diserbu ribuan guru yang penasaran untuk mengetahui isi dari bus yang terparkir di tengah-tengah kawasan Tugu Adipura tersebut.

Menurut Wakil Ketua KPK, Alexander Mawarta, kehadiran bus ini untuk mengedukasi masyarakat mengenai ciri-ciri dan pencegahan korupsi yang biasa terjadi di masyarakat.

“Ini kan yang hadir mayoritas ribuan guru-guru, kami mau guru-guru memberikan pendidikan anti korupsi, jadi nanti saat Indonesia emas 2045, generasi yang dididik hari ini, sudah memasuki dunia kerja, dunia demokrasi, bisa sukses tanpa korupsi,” ujarnya.

Dia juga berpesan apabila menemukan praktik tindak pidana korupsi, seperti suap, mark-up harga, ataupun bentuk gratifikasi jabatan lainnya, masyarakat juga bisa langsung melaporkannya ke KPK.

“Karena kan yang OTT begitu, kita juga dapat laporannya dari masyarakat,” katanya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya