4 Kontroversi Komika Coki Pardede

Coki Pardede kini tersandung kasus narkoba

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Reza alias Coki Pardede ditangkap polisi terkait kasus narkoba jenis sabu di kawasan Cisauk, Tangerang. Sebelum tertangkap polisi, Coki sempat terseret sejumlah kontroversi, baik itu lantaran video maupun opininya di sosial media. 

Pria kelahiran Jakarta, 21 Januari 1988 tersebut naik daun usai mengikuti dua ajang pencarian bakat Stand Up komedi di dua stasiun televisi berbeda pada tahun 2014 silam. 

Lalu, apa saja kontroversi yang pernah menyandung Coki? 

Baca Juga: Profil Coki Pardede, Komika yang Ditangkap Polisi Terkait Narkoba

1. Menjadi bintang tamu pada chanel Youtube berisi video memasak babi dengan kurma

4 Kontroversi Komika Coki PardedeCoki Pardede (instagram.com/cokipardede666)

Kontroversi pertama adalah video yang diunggah channel Youtube bersama Tretan Muslim soal cara memasak daging babi. Video ini menjadi kontroversi karena dalam video tersebut ada pernyataan tentang memasak babi dengan kurma akan menjadi daging babi halal. 

Dalam video yang diunggah Oktober 2018 itu, Coki bertindak sebagai bintang tamu dan menimpali candaan di sela-sela sesi memasak. Candaan dan gurauan tersebut memancing sejumlah tokoh muslim untuk berkomentar dan memandang lawakan mereka melecehkan agama Islam.

Beragam tudingan itu membuat Coki dan Muslim merasa bertanggung jawab dan vakum sementara waktu. Hingga pada 2019, Coki kembali secara perlahan ke dunia hiburan. 

2. Angpao isi corona

4 Kontroversi Komika Coki PardedeCoki Pardede (instagram.com/cokipardede666)

Coki juga kerap kali melontarkan sindiran dan candaan terkait isu yang sedang viral di sosial medianya. Salah satunya terkait ucapan selamat tahun baru Imlek saat momentum virus korona sedang tinggi-tingginya pada 2020 lalu. 

Saat itu, Coki mengunggah cuitan di media sosial Twitter dan dianggap terlalu berbahaya karena menyinggung banyak orang. 

"Gong Xi Fa Cai !! Apakah di tiongkok pas angpao di buka isi nya virus Corona ?" kicau Coki saat itu.

3. Mengunggah gambar anak Afrika, Coki dinilai gak berempati

4 Kontroversi Komika Coki Pardedeinstagram.com/cokipardedereza

Kontroversi lainnya adalah pada Desember 2020. Coki sempat mengunggah sebuah foto di media sosial Twitter, dimana dalam foto tersebut ia terlihat sedang memegang minuman susu teh dari salah satu merek minuman terkenal dengan latar belakang foto anak-anak Afrika yang sedang kehausan dan kelaparan. 

Tangan anak-anak itu seolah meminta ke arah Coki. Sedangkan Coki memegang minuman itu sembari tersenyum.

Saat itu, banyak netizen yang membalas dengan menyebut bahwa Coki tidak berempati dan merendahkan keadaan anak-anak Afrika tersebut. 

4. Coki bela predator seks di Hollywood

4 Kontroversi Komika Coki Pardedeinstagram.com/cokipardedereza

Kontroversi terakhir dalam daftar ini adalah Coki juga sempat mencuit tentang kasus yang menimpa penyiar radio, Gofar Hilman. Dalam cuitan tersebut, Coki seolah membela predator seks dengan membandingkannya kasus tersebut dengan yang ada di Hollywood. 

Coki membuat sebuah thread yang mengomentari kasus pelecehan seksual yang menyeret beberapa nama selebriti. Di sana, ia juga menyebut sosok Harvey Weinstein, predator seks Holywood yang dinyatakan bersalah di pengadilan.

"Kok pada sebel gw suka dan kagum ama Harvey Weinstein? Dari awal gw menikmati org' ini dari konteks Konten kreator dan karya. Gw TENTU ga setuju ama perbuatannya. gw gak bilang itu bener, TAPI mau sebejat bejat nya moral dia, FAKTA kalo karya nya bagus ya, bagus aj," kicau Coki.

"Tapi sukak apa enggak, Biasanya public figur yg kena kasus. Pelecehan Sexual atau skandal seks itu rata" bakat nya luar biasa lho atau pencapaian nya gokil. Harvey weinstein, Bill Cosby, Bill Clinton, Tiger wood, Arnold Schwarzenegger Dll Yg ga bisa di sebut satu satu."

Cuitan Coki pun kembali menuai hujatan. Coki dianggap tak memiliki empati terhadap korban pelecehan seksual.

Baca Juga: [BREAKING] Coki Pardede Ditangkap Polisi, Diduga Menggunakan Sabu

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya