42 Penghuni Rutan Jambe Tangerang Positif COVID-19

Sebelumnya ada 17 tahanan yang positif COVID-19

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Sebanyak 42 penghuni di Rumah Tahanan (Rutan) Klas 1 Tangerang, Desa Taban, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang terkonfirmasi positif COVID-19. 

Puluhan penghuni tersebut terdiri dari warga binaan permasyarakatan (WBP) dan petugas rutan yang berjaga. 

Juru bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang,  Hendra Tarmizi membenarkan hal tersebut. "Ya, benar ada 42 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19," ujar Hendra, Senin (14/12/2020). 

Baca Juga: Kesiapan Vaksinasi Pemkab Tangerang Sudah 70 Persen 

1. Data itu diketahui dari hasil swab test

42 Penghuni Rutan Jambe Tangerang Positif COVID-19Seorang tenaga kesehatan memakai alat pelindung diri (APD) melakukan tes swab kepada seorang perempuan untuk tes penyakit virus korona (COVID-19) di Kolkata, India, Kamis (23/7/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Rupak De Chowdhuri

Hendra menuturkan, pihaknya mengetahui adanya puluhan penghuni rutan yang positif dari hasil swab test yang keluar pada Minggu (13/12/2020) malam. 

"Kami lakukan swab test massal di Rutan tersebut, semalam hasilnya keluar dan dinyatakan 42 orang positif," kata Hendra. 

2. Para penghuni diduga tertular dari petugas rutan

42 Penghuni Rutan Jambe Tangerang Positif COVID-19IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Hendra menjelaskan, 42 petugas tersebut diduga tertular dari luar rutan, sehingga mereka yang terinfeksi menularkan kepada petugas dan tahanan lainnya. 

"Bisa saja membawa virus dari rumah masuk ke ruangan petugas. Dan ruangan antar petugasnya, saya pernah ke sana, agak sempit. Memang susah buat menjaga (jarak)," ungkapnya. 

3. Diduga penyebaran juga terjadi dari tahanan baru

42 Penghuni Rutan Jambe Tangerang Positif COVID-19Ilustrasi. WBP Lapas Kelas 1 Makassar yang dibebaskan. IDN Times/Lapas Kelas 1 Makassar

Namun, Hendra juga menuturkan, terdapat kemungkinan adanya penularan dari tahanan baru yang datang. Pasalnya, sekitar 10 hari lalu terdapat 17 narapidana di Rutan Jambe yang juga positif COVID-19. 

"Tapi, selain karena dari luar ke dalam, atau bisa saja saat mereka menerima tahanan," tuturnya. 

Namun, menurutnya, kondisi narapidana tersebut saat ini sudah dinyatakan negatif dari hasil swab test. "Mereka narapidana yang sudah menjalani isolasi di dalam sel tahanan sudah dinyatakan sembuh," tuturnya. 

4. Satgas tengah berkoordinasi untuk isolasi mandiri di Hotel Singgah Yasmin

42 Penghuni Rutan Jambe Tangerang Positif COVID-19IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Saat ini, kata Hendra, pihaknya tengah berkomunikasi dengan dokter rutan untuk mendata, siapa saja yang perlu isolasi mandiri di rumah singgah COVID-19. Salah satu rumah singgah COVID-19 yang menjadi rujukan adalah Hotel Yasmin, Kecamatan Curug.

"Bagi mereka yang mau isolasi mandiri di rumah dengan kondisi memungkinkan, silakan. Tapi kalau yang tidak memungkinkan berarti mereka ke Hotel Yasmin," jelasnya. 

Pihaknya pun telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh ruangan Rutan Jambe. "Soal ruangan petugas tersebut sudah dilakukan penyemprotan disinfektan guna menghindari penyebaran virus," paparnya. 

Baca Juga: DPRD Minta Minta Pemkot Tangerang Tambah RSUD

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya