8 Mei 150 Ribu Penumpang di Bandara Soetta, Tertinggi Sejak Pandemik

Hari ini merupakan puncak arus balik Lebaran 2022

Tangerang, IDN Times - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sidak arus balik angkutan lebaran 2022 di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Minggu (8/5/2022). Ia menilai, hari ini menjadi puncak pergerakan penumpang dan pesawat.

Saat tiba di Bandara Soetta mendarat menggunakan helikopter, Budi langsung meninjau area ground handling di Terminal 2. Ia ingin memastikan bila area tersebut dijaga baik oleh operator groundhandling ataupun maskapai. Sebab, saat arus balik, groundhandling menjadi isu yang perlu diperhatikan.

"Hari ini merupakan puncak arus balik, sehingga operator groundhandling harus bekerjasama dengan maskapai dengan baik," ujar Menhub Budi.

Baca Juga: 2 Ribu Orang Pakai Layanan Jet Pribadi dari Bandara Soekarno-Hatta 

1. Pergerakan penumpang tertinggi sejak pandemik COVID-19

8 Mei 150 Ribu Penumpang di Bandara Soetta, Tertinggi Sejak PandemikIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Dia juga memastikan, bila pergerakan penumpang hari ini tertinggi sejak masa pandemik COVID-19, yakni mencapai 150 ribu orang.

"Akan bergerak datang dan pergi 150 ribu orang, ini belum pernah terjadi. Oleh karenanya saya dapat memetakan permasalahan di sini adalah saat hari terakhir biasanya jumlah penumpang yang kembali ke Jakarta itu tinggi sekali," kata Budi.

2. Ada 1.130 pergerakan pesawat di Bandara Soetta

8 Mei 150 Ribu Penumpang di Bandara Soetta, Tertinggi Sejak PandemikIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Dari catatan Kementerian Perhubungan, terdapat 1.130 pergerakan pesawat dalam satu hari, itu berarti sekitar 570 pergerakan pesawat atau 40 persennya berada di Terminal 2.

"Berarti kurang lebih 200 lebih (pergerakan pesawat) dan paling tidak ada 3.500 orang per jam mendarat di Terminal 2 ini. Oleh karenanya saya sudah menugaskan kepada pak Dirjen (Udara) juga Dirut APII, untuk merapatkan dengan stakeholder untuk mempersiapkan kedatangan mereka yang akan landing di Soekarno-Hatta," tutur Budi.

3. Ada 1,4 juta orang mudik menggunakan pesawat

8 Mei 150 Ribu Penumpang di Bandara Soetta, Tertinggi Sejak PandemikIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Diprediksi, kata Budi, terdapat 1,4 juta orang mudik saat Hari Raya Idul Fitri 2022 menggunakan transportasi udara atau pesawat.

"Kurang lebih 10 persen penduduk Jabodetabek yang keluar dari Jakarta," jelasnya.

Baca Juga: Layanan Antigen dan PCR di Bandara Soekarno-Hatta Tetap Buka

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya