Ada Kompetisi Olahraga Virtual Antar-Pelajar di Kabupaten Tangerang

Total hadiah mencapai Rp60 juta

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Pandemik COVID-19 tak membuat kegiatan perlombaan antarpelajar terhenti begitu saja. Sekolah Terpadu Pahoa, Kabupaten Tangerang tetap mengadakan kompetisi olahraga yang bisa diikuti ratusan pelajar se-Indonesia loh.

Eits, tapi perlombaan tetap disesuaikan dengan kondisi pandemik saat ini dengan pagelaran yang berbeda. Kompetisi yang diberi nama Pahoa Fun Sports and Activities (PASS) 2021 menyajikan pertandingan olahraga dengan metode virtual immersive nan interaktif dengan tema "Saga D’inverno" (The Tale of Winter). 

"Meskipun pembelajaran tatap muka sudah diizinkan, namun kita tetap mengantisipasi dengan mengadakan perlombaan secara virtual, kompetisi ini dijamin memberikan nuansa baru bagi peserta dan penonton," ujar Sunu Arditya Sokya, Ketua Panitia PASS 2021, Kamis (7/10/2021). 

Baca Juga: Sepekan, Tak Ada Kematian Akibat COVID-19 di Tangerang

1. Kompetisi ini diikuti 500 peserta dari seluruh Indonesia

Ada Kompetisi Olahraga Virtual Antar-Pelajar di Kabupaten TangerangIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sunu mengatakan, kegiatan perlombaan antar sekolah tahun ini diikuti oleh lebih dari 500 peserta dari sekitar 50 sekolah di seluruh penjuru Indonesia.

"PASS 2021 akan berlangsung selama 49 hari, diawali dengan opening ceremony pada 2 Oktober 2021 dan diakhiri closing ceremony pada 20 November 2021," katanya. 

2. Terdapat 24 jenis perlombaan pada kompetisi virtual ini

Ada Kompetisi Olahraga Virtual Antar-Pelajar di Kabupaten TangerangIDN Times/Dok. Website Sekolah Terpadu Pahoa

Dalam PASS 2021 terdapat 24 jenis perlombaan yang dibagi menjadi 3 kategori, yakni seni, akademik, dan e-sport. Peserta terdiri dari jenjang KB/TK, SD, SMP, SMA, dan umum.

"Perlombaan dilakukan dengan dua cara yaitu mengumpulkan video dan bertanding secara langsung via aplikasi Zoom," ungkapnya. 

Keterbatasan karena pandemi berbalik menjadi hal yang positif untuk acara ini, karena PASS 2021 mampu merangkul peserta dari wilayah luar Pulau Jawa, seperti Medan, Palembang, Pekanbaru, dan Batam. 

"Bagi para pemenang perlombaan, terdapat total hadiah mencapai Rp60 juta," kata Sunu. 

3. Ada bazar online untuk umum

Ada Kompetisi Olahraga Virtual Antar-Pelajar di Kabupaten TangerangIDN Times/Dok. Website Sekolah Terpadu Pahoa

Sunu mengungkapkan, sebelum masa pandemik, pihaknya memang mengadakan kompetisi tersebut secara besar-besaran, dimana terdapat juga bazar kreatif pelajar yang biasanya dijajakan di booth-booth fisik. Namun, lantaran pandemik, pihaknya tetap mengadakan bazar secara online. 

"Ada juga penayangan webseries, dan penampilan dari guest stars. Acara ini terbuka untuk umum dengan mengakses situs https://pahoaevents.com/," jelasnya. 

Seluruh rangkaian acara PASS 2021 dilakukan secara daring. Rangkaian upacara pembukaan terdiri dari prosesi defile peserta, kuis berhadiah untuk umum, dan penyalaan obor sebagai lambang semangat membara para peserta maupun panitia.

"Upacara pembukaan PASS 2021 disiarkan langsung dari lapangan Sekolah Terpadu Pahoa dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku," kata Sunu.

Baca Juga: Siswa SMP Kota Tangerang yang Terpapar COVID-19 Terus Bertambah 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya